iraq mosul04Baghdad, LiputanIslam.com – Tentara Irak Rabu (11/6/2014) sore waktu setempat dilaporkan berhasil membebaskan bandara dan kantor gubernur Mosul dari gerilyawan ekstrimis Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIL).

Menurut FNA, repoter TV al-Alam di Irak melaporkan tersiarnya kabar bahwa tentar Irak berhasil membersihkan bandara dan kantor gubernur Mosul dari keberadaan para teroris. Namun sejauh ini masih belum ada berita akurat mengenai pembebasan bandara dan kantor gubernur Mosul tersebut.

Disebutkan pula bahwa pertempuran sengit masih berlangsung di kawasan Wadi Naft, Kirkuk, dan kawanan teroris di kota ini telah mengeksekusi mati sejumlah tawanan di kawasan al-Abbasi, Kirkuk.

Reporter TV al-Alam juga melaporkan bahwa Dewan Tinggi Islam Irak telah membentuk “Brigade al-Aqilah” untuk membantu tentara Irak menumpas teroris.

Al-Masdar News melaporkan bahwa pemerintah provinsi Basrah juga menyatakan kesiapannya membantu pasukan Irak melawan ISIL di Mosul.

Sementara itu, Koalisi Negara Hukum di parlemen Irak menuduh Ketua Parlemen Irak, Usamah al-Nujaifi, dan saudaranya yang menjabat gubernur Ninawa, Atheel al-Nujaifi, serta pemimpin Kurdistan Irak, Masoud Barzani, bersekongkol untuk menyerahkan provinsi Ninawa kepada ISIL.

Kantor berita Kul al-Iraq melaporkan bahwa para teroris ISIL telah merusak dan meledakkan sebuah gereja yang masih dalam proses pembangunan di bagian timur kota Mosul.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperkirakan jumlah pengungsi akibat serbuan ISIL ke Mosul mencapai lebih dari 500,000 orang. PBB juga menyebutkan banyak warga sipil menderita luka. Mereka dirawat di masjid-masjid karena semua rumah sakit berada di zona konflik. (mm/fna)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL