ladang minyak terbakar di irakBaghdad, LiputanIslam.com – Tentara Irak yang didukung relawan dilaporkan berhasil merebut kembali dua ladang minyak di bagian utara negara ini setelah sekian bulan dikuasai gerombolan teroris ISIS.

Nahrain Net melaporkan, sumber keamanan Irak mengatakan bahwa pasukan pemerintah Irak yang didukung relawan Syiah dan Sunni Senin (11/5) berhasil menguasai ladang minyak Alas yang terletak di timur laut Tikrit, provinsi Salahuddin.
Sedikitnya 260 teroris ISIS juga dilaporkan tewas selama pertempuran di kawasan tersebut.

Nahrain Net juga melansir pernyataan komandan senior pasukan relawan Irak bahwa pasukan Irak dihari yang sama juga berhasil merebut ladang minyak Ajil di timur laut Tikirt dari cengkraman ISIS melalui pertempuran yang menewaskan 70-an petempur ISIS.

Komandan itu juga menyebutkan bahwa kawasan al-Rashad dan al-Riyadh di provinsi Kirkuk juga sudah sepenuhnya dikendalikan oleh pasukan Irak.

ISIS menguasai dua ladang minyak tersebut sejak Juni 2014. Sebelum direbut ISIS, dua fasilitas minyak Irak itu memroduksi ribuan barel minyak perhari. Pertengahan Maret lalu gerombolan teroris transnasional itu membakar ladang-ladang minyak itu dengan tujuan mempersulit serangan udara pasukan Irak dalam operasi pembebasan kota Tikrit. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL