tentara irak04Baghdad, LiputanIslam.com – Tentara Irak yang didukung pasukan relawan berhasil membersihkan 34 desa di provinsi Salahuddin dari keberadaan teroris kelompok takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Lembaga pemberitaan Irak al-Masalah saat memberitakan hal ini Kamis (2/10) menyebutkan bahwa dalam operasi pembersihan itu sekitar 50 petempur ISIS tewas dan puluhan lainnya menderita luka-luka.

“Kemenangan ini dicapai oleh Divisi ke-5 Mekanik Irak bersama pasukan relawan,” ungkap Kementerian Pertahanan Irak dalam statemennya.

Dalam dua peristiwa lain, sebanyak 40 anggota ISIS tewas ketika mereka menyerang pangkalan militer dan polisi Irak di provinsi Anbar di bagian barat Irak.

Berdasarkan keterangan sumber-sumber keamanan dan kesehatan Irak, AFP Kamis kemarin melaporkan bahwa korban tewas di pihak ISIS 40 orang, sedangkan di pihak tentara dan polisi Irak 17 orang, 11 di antaranya polisi di markas kepolisian Hit dan 6 lainnya tentara di pangkalan militer Ramadi.

Sementara itu, Perdana Menteri Irak Heider Abadi menyatakan ISIS belakangan ini menebar propaganda yang mengecilkan kemenangan tentara dan relawan Irak dalam pertempuran. Dalam statemen yang dirilis oleh kantor Perdana Menteri Irak dinyatakan bahwa Abadi mengimbau masyarakat supaya tidak menggubris propaganda itu karena semata-mata merupakan cara ISIS untuk melancarkan tekanan mental dan menebar rasa frustasi di tengah masyarakat Irak.

“Kami menghadapi musuh dengan sengit, dan musuh ini menggunakan segala cara untuk menyengsarakan rakyat, tapi kenyataannya pasukan militer dan keamanan serta pasukan rakyat terus melancarkan misinya dan berhasil meraih banyak kemenangan,” tegas Abadi, sebagaimana dilansir al-Masalah.

Dia meminta semua komponen masyarakat Irak mendukung pasukan ini, berjuang mengusir para penjahat dari Irak, dan tidak usah menggubris propaganda ISIS. Dia juga meminta kepada para pemimpin dan pejabat politik Irak turun jalan-jalan untuk memberi semangat kepada pasukan dan relawan Irak agar semakin gigih berjuang. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL