Teheran, LiputanIslam.com –  Humas Regional III Angkatan Laut Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) menyatakan pihaknya telah mematahkan provokasi kapal perang Amerika Serikat (AS) terhadap satu kapal patroli IRGC di Teluk Persia pada Selasa (25/7/2017).

Sebelumnya sejumlah media melaporkan bahwa kapal perang USS Thunderbolt telah melepaskan tembakan peringatan ke angkasa terhadap kapal patroli Iran di perairan Teluk Persia.

IRGC lantas merilis statemen menyebutkan bahwa USS Thunderbolt  di bagian utara Teluk Persia telah bergerak ke arah kapal IRGC yang sedang menjalankan misi patrolinya di perairan internasional, dan kapal perang itu kemudian melepaskan tembakan peringatan dua kali ke angkasa dengan tujuan memprovokasi dan menakut-nakuti.

Stetemen itu menjelaskan bahwa kapal patroli IRGC tidak menggubris peringatan itu sehingga terus menjalankan misinya , dan USS Thunderbolt  kemudian menjauh dari lokasi.

Di pihak lain, mengenai peristiwa ini Armada ke-5 AS menyatakan, “Kapal Iran mendekati kapal patroli pantai USS Thunderbolt (PC-12) pada jarak 150 yard. Kapal Iran itu tidak menanggapi upaya berulang untuk membangun komunikasi radio saat mendekati.”

Armada ke-5 AS menambahkan, “Thunderbolt kemudian melepaskan tembakan peringatan dan membunyikan sinyal bahaya yang diakui secara internasional dari lima ledakan singkat pada peluit kapal, namun kapal Iran tersebut terus masuk. Saat kapal Iran melaju menuju kapal USS Thunderbolt kembali terdengar lima ledakan pendek sebelum menembakkan tembakan peringatan di depan kapal Iran tersebut. “

Pihak AS ini juga menyatakan bahwa  setelah tembakan peringatan dilepaskan kapal Iran itu menghentikan “pendekatannya yang tidak aman “.

Menurut  Armada ke-5 AS, tindakan kapal IRGC itu menimbulkan resiko tabrakan dan tidak sesuai dengan peraturan Organisasi Maritim Internasional (COLREG)  mengenai jalan atau kebiasaan maritim yang diakui secara internasional. (mm/alalam/usninews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL