Moskow, LiputanIslam.com –  Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova, Kamis (12/10/2017), menyatakan negaranya sudah menawarkan diri untuk memediasi perundingan antara Iran dan Arab Saudi, namun Moskow belum mendapat respon dari Teheran maupun Riyadh.

Sehari sebelumnya, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Mikhail Bogdanov menyatakan bahwa Moskow sudah menawarkan diri untuk menengahi perundingan antara Iran dan Arab Saudi.

Diplomat Negeri Beruang Merah ini menambahkan bahwa Moskow menekankan keharusan penyelesaian berbagai persoalan antara Iran dan Arab Saudi.

Dia juga mengatakan, “Jika ada kesefahaman dan saling percaya antara Teheran dan Riyadh maka akan banyak masalah dan problema yang dapat lebih mudah diselesaikan.”

Abdel Bari Atwan, jurnalis senior Arab yang memimpin redaksi media online Ray al-Youm menyebutkan bahwa kabar mengenai tawaran mediasi Rusia ini mengemuka seminggu setelah kunjungan Raja Salman bin Abdulaziz dari Arab Saudi ke Rusia.

Menurut Atwan, Presiden Rusia Vladimi Putin berinisiatif dengan demikian tentu setelah mendapat lampu hijau dari tamunya, Raja Salman, ketika raja ini berkunjung ke Moskow. (mm/fna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL