Quneitra, LiputanIslam.com – Tank-tank Israel yang berkonsentrasi di kawasan pendudukan Golan milik Suriah telah menembaki posisi-posisi Hizbullah di kawasan selatan Suriah, Sabtu pagi (19/5/2018).

Sumber-sumber lokal mengatakan kepada kantor berita Turki, Anadolu, bahwa tank-tank Israel menembaki kawasan al-Talul al-Hamr yang ditempati oleh sejumlah besar pasukan Hizbullah di bagian utara provinsi Quneitra.

Dalam peristiwa lain, Sabtu dini hari terdengar beberapa ledakan di lanud militer Deir Ezzor di bagian timur Suriah, dan timbul dugaan bahwa ledakan itu berasal dari serangan Israel.

Sumber-sumber lokal menyebutkan bahwa di lanud itu terdapat sejumlah besar milisi yang berafiliasi dengan Iran.

Tidak ada komentar dari pemerintah Suriah mengenai dua kejadian tersebut, dan tak ada pula keterangan mengenai akibat serangan itu.

Belakangan ini Israel dikabarkan telah melancarkan serangan ke banyak posisi pasukan Suriah, pasukan Iran dan milisi yang berafiliasi dengan Iran.

Sementara itu, tentara Suriah membantah laporan bahwa pihaknya menjalin kesepakatan gencatan senjata dengan kelompok teroris ISIS di kawasan Hajar Aswad dan kamp pengungsi Yarmouk di selatan Damaskus, ibu kota Suriah.

RT milik Rusia melaporkan bahwa kontak senjata di dua kawasan itu terhenti sejak Sabtu pukul 12.00 waktu setempat, dan sumber-sumber lapangan mengatakan bahwa ISIS dan kelompok-kelompok yang berafiliasi dengannya menyatakan siap menyerah dan meminta diperkenankan keluar dari dua kawasan tersebut.

Laporan lain menyebutkan bahwa kesepakatan demikian belum dicapai karena kelompok-kelompok bersenjata di kawasan Badiah Suriah tidak mau menerima kedatangan  1700 anggota ISIS dan keluarga mereka. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*