Brussel, LiputanIslam.com – Perwakilan Tinggi Uni Eropa Urusan Luar Negeri dan Keamanan  Federica Mogherini mengatakan “tidak ada solusi alternatif” untuk kesepakatan nuklir Iran.

“Pernyataan Menteri Pompeo sama sekali tidak membuktikan bagaimana keluar dari perjanjian nuklir Iran telah atau akan membuat kawasan menjadi lebih aman di depan ancaman proliferasi nuklir, atau bagaimana itu akan membuat kita berada dalam kondisi yang lebih baik dalam mempengaruhi perilaku Iran di berbagai bidang di luar kerangka perjanjian,” ujar Mogherini, Senin (21/5/2018).

Dia mengatakan “tak ada solusi alternatif bagi perjanjian nuklir” setelah mendengar dengan “baik” pernyataan Mike Pompeo.

Dia kemudian menegaskan, “Uni Eropa akan tetap mendukung kelanjutan implementasi penuh dan aktual perjanjian nuklir selagi Iran memenuhi semua komitmennya terkait dengan nuklir, hal yang masih ia lakukan sampai sekarang.”

Sebelumnya, Menlu AS Mike Pompeo melontarkan ancaman bahwa negaranya akan menerapkan “sanksi terkeras dalam sejarah” jika Iran tidak menerima persyaratan tegas AS untuk membuat “kesepakatan baru” setelah AS keluar secara sepihak dari perjanjian nuklir Iran. (mm/ rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*