israel-hezbollah tunnelsBeirut, LiputanIslam.com – Tentara Israel dikabarkan telah meninggalkan sebuah pangkalan di wilayah perbatasan utara negara Zionis ini karena curiga di bawah tanah wilayah sekitar terdapat terowongan milisi Hizbullah Lebanon.

Berdasar laporan Radio Channel 7 Israel, surat kabar al-Akhbar terbitan Beirut, Lebanon, edisi Kamis (4/9) menyebutkan, keberadaan terowongan-terowongan Hizbullah tidak hanya membuat takut penduduk Israel, tetapi juga tentara dan perwira angkatan bersenjata Zionis (IDF), dan ketakutan militer Israel ini terlihat jelas di kawasan.

Menurut radio tersebut, keresahan terjadi bukan sebatas hasil perkiraan dan analisis, melainkan karena para komandan Israel sudah sepenuhnya percaya kepada skenario penggalian terowongan bawah tanah oleh pasukan Hizbullah di berbagai lokasi strategis untuk kemudian diledakkan sewaktu-waktu.

Radio itu menambahkan, tentara Israel sering berbicara mengenai adanya pasukan perusak dan pengintai Hizbullah yang memonitor semua pergerakan tentara Israel dan segala sesuatu yang terjadi di kawasan sekitar, tetapi pihak komandan mereka enggan berkomentar soal ini.

Mengutip sebuah sumber militer Israel, radio itu menyebutkan sudah ada pasukan khusus Israel yang intensif melakukan penyelidikan di kawasan sekitar dan ditugaskan secara khusus hanya untuk menyelidiki masalah ini.

Komandan wilayah utara IDF, Jenderal Yair Golan, sebulan lalu mengadakan pertemuan dengan para pejabat permukiman Zionis di kawasan tersebut dan membicarakan soal kerisauan dan desas-desus adanya terowongan Hizbullah yang menjangkau hingga wilayah Galilee (al-Jalil).

Untuk meredakan keresahan penduduk, dia mengatakan bahwa badan-badan keamanan Israel sejauh ini belum menemukan bukti-bukti adanya terowongan yang akan dijadikan akses serangan milisi Hizbullah ke wilayah Israel.

Hal yang serupa pernah dikemukakan oleh komandan Divisi 91 IDF, Brigjen Moni Katz, juga dengan tujuan meredakan kerisauan penduduk setempat.

Namun demikian, Radio Channel 7 Israel menyatakan bahwa situasi kawasan sepintas terlihat tentram, tapi kekhawatiran tentara Israel ternyata cukup serius dan bukan tidak mungkin mereka sebenarnya sudah menemukan sebagian terowongan Hizbullah. Buktinya, lanjut radio itu, mereka malah mengosongkan sebagian pangkalan militernya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL