Rudal Hormuz 1 milik Iran

Teheran, LiputanIslam.com –  Komandan pasukan dirgantara Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), Brigjen Amir Ali Hajizadeh, Kamis (9/3/2017), mengumumkan bahwa tentara Iran ini baru saja sukses mengujicoba rudal balistik kelas Hormuz 2.

“Pada beberapa hari lalu kami telah meluncurkan rudal Hormuz 2, dan berhasil menghancurkan sasaran di laut dari jarak 250 km,” ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa rudal berjarak tempuh 300 km itu dilesatkan dari kawasan pantai Makran, Iran, dan dapat menghantam target berdimensi kecil di Laut Oman.

Teheran menyebut bahwa Hormuz 2 merupakan rudal balistik yang dapat menghancurkan obyek bergerak di atas permukaan laut dengan presisi yang sangat tinggi.

Ujicoba rudal balistik ini merupakan yang kedua kalinya sejak Donald Trump dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat.

Tanggal 1 Maret lalu Iran mengumumkan telah mengujicoba sistem pertahanan udara “Bavar 373” yang mirip dengan S-300.

Senin lalu Menhan Iran Brogejn Hossein Dehgan mengingatkan bahwa militer Iran siap memberi kejutan kepada musuh-musuhnya jika mereka menyerang Iran.

Sabtu pekan lalu perahu-perahu tempur tentara Iran di Selat Hormuz mencegat kapal USNS Invincible milik Angkatan Laut AS yang berpatroli dibarengi tiga kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris hingga kapal-kapal ini terpaksa mengubah haluan.

Terkait dengan ujicoba rudal balistik Iran, D. Trump awal Februari lalu memberikan peringatan keras terhadap Iran dengan menyatakan, “Iran bermain api, mereka tidak menghargai betapa ‘jenis’ Presiden Obama adalah untuk mereka. Bukan saya! “

Berbeda dengan Trump, Kemlu Rusia menyatakan Moskow tidak menganggap ujicoba rudal balistik Iran tidak melanggar perjanjian internasional.

“Dalam kondisi ini Iran sebenarnya tidak melakukan pelanggaran apapun, karena tindakan ini memang tidak dilarang oleh resolusi Dewan Keamanan PBB maupun JCPOA (perjanjian nuklir Iran) yang bersangkutan hanya dengan program nuklir Iran,” ungkap Kemlu Rusia. (mm/farsnews/upi/independent/interfax)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL