iran weaponTeheran, LiputanIslam.com – Komandan Angkatan Darat Republik Islam Iran Brigjen Ahmad Reza Pourdastan menyatakan pasukannya akan menggelar empat manuver militer besar-besar yang meliputi perang pesawat tanpa awak (drone) dan perang maya (cyberwar). Dalam manuver yang akan dimulai 21 ini, Angkatan Darat (AD) Iran juga merencanangkan penambahan jarak tempuh rudal-rudal jelajahnya.

“Tahun lalu kami menggelar lima latihan perang, dan tahun ini kami mengagendakan empat latihan perang masif, termasuk latihan perang drone milik AD yang akan diakan gelar pertama kali serta perang cyber,” papar Pourdastan dalam jumpa pers menyongsong peringatan Hari AD Iran (18 April) di Teheran, Sabtu (12/4/2014).

Dia juga menyebutkan bahwa pasukannya juga akan mengikuti dua manuver yang akan digelar oleh Garda Republik Islam di wilayah barat daya dan timur laut negara ini. Selain itu, lanjut dia, AD masih menunggu izin dari Kepala Staf Umum AD untuk penambahan jarak tempuh rudal-rudalnya. “Jika disetujui maka beberapa rudal spesial tipe darat ke darat akan ditambahkan pada arsenal AD,” tutur Pourdastan.

Dalam latihan perang besar-besaran beberapa waktu lalu Angkatan Bersenjata Iran telah mengujicoba beberapa tipe rudal dan terpedo yang baru ia kembangkan, serta sejumlah besar senjata dan peralatan tempur lain buatan dalam negeri, termasuk kapal selam, kapal perang, artileri, helikopter, jet tempur, drone, pertahanan udara dan sistem elektronik.

September lalu Angkatan Bersenjata Iran telah menggelar parade militer di Teheran sambil memamerkan berbagai jenis senjata dan perlengkapan buatannya.

Para analis pertahanan dan pengamat militer mengakui bahwa latihan perang Iran dan berbagai kemajuannya dalam produksi senjata telah membuktikan besarnya kemampuan negara ini di bidang pertahanan. (mm/fna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL