Baghdad, LiputanIslam.com –  Pasukan pemerintah Irak yang didukung oleh pasukan relawan al-Hashd al-Shaabi berhasil membebaskan dan merebut kembali belasan desa di sekitar Hawijah setelah memulai tahap kedua operasi militer penumpasan  kawanan teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di provinsi Kirkuk utara yang kaya minyak.

Komandan operasi pembebasan Hawijah, Letnan Jenderal Abdul Amir Yarallah, Jumat (29/9/2017), mengatakan bahwa pasukan militer, pasukan Kepolisian Federal, Pasukan Kontra Terorisme, Pasukan Reaksi Cepat yang bernaung di bawah Kementerian Dalam Negeri, dan pasukan relawan al-Hashd al-Shaabi telah merebut kembali 11 desa, termasuk Gharib, al-Karnah, al-Hajamah, al-Shajarah dan Namilah.

Yarallah menyebutkan bahwa pasukan pemerintah dan sekutunya telah menyerbu wilayah al-Abbasi di barat daya Kirkuk, membebaskan komplek-komplek perumahan dan mengibarkan bendera nasional di atas sejumlah bangunan di sana.

Komandan senior militer Irak lain mengatakan bahwa tentara, polisi federal, pasukan reaksi cepat dan relawan Hashd al-Sha’abi telah membebaskan kota Rashad dan Ryadh serta daerah sekitarnya.

Dilaporkan bahwa pasukan Irak telah menghabisi 144 teroris, menghancurkan 45 bom mobil, 16 unit mesin tempur dan 13 posisi pertahanan ISIS, serta mengevakuasi 150 kepala keluarga pada tahap operasi ini.

Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi telah mengumumkan dimulainya tahap kedua operasi pembebasan kawasan Hawijah dari cengkeraman ISIS, Jumat.

“Kami mengumumkan dimulainya fase kedua pembebasan Hawijah dan semua wilayah sekitarnya di sebelah barat Kirkuk, dan seperti yang dijanjikan, anak-anak negara kita akan terus berjuang membebaskan setiap inci tanah Irak dan menghancurkan gerombolan teroris Kelompok ISIS, ” tegas Abadi dalam sebuah pernyataan.

Tahap pertama operasi pembebasan Hawijah diluncurkan pada 21 September.

Operasi ini dilancarkan meskipun terjadi ketegangan antara pemerintah Baghdad dan wilayah semi-otonom Kurdistan setelah wilayah ini mengadakan referendum kontroversial untuk kemerdekaan Kurdistan dan daerah-daerah lain yang disengketakan, termasuk Kirkuk. (mm/presstv/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL