iran - rusiaMoskow, LiputanIslam.com – Tabloid Rusia Segodnya menyebutkan bahwa Amerika Serikat (AS) memanfaatkan kelompok-kelompok teroris di Timur Tengah untuk mengacaukan sebagian negara kawasan ini, namun skenario AS itu dibuyarkan oleh Republik Islam Iran.

“AS berperan langsung di balik terbentuknya sebagian kelompok teroris berbahaya di Timur Tengah serta memanfaatkan mereka untuk melicinkan ambisi-ambisinya,” tulis Segodnya, sebagaimana dikutip IRNA, Minggu (1/2/2015)

Menurut tabloid harian ini, kelompok-kelompok teroris dukungan AS itu difungsikan untuk melemahkan beberapa negara Timur Tengah. Dalam hal ini, Suriah dan Irak menjadi sasaran pertama dan sejauh ini mereka berhasil melancarkan pukulan-pukulan telak terhadap dua negara tersebut.

Segodnya menambahkan bahwa di pihak lain, Iran memandang kepentingannya bergantung pada stabilitas regional Timur Tengah sehingga Teheran gigih melawan segala upaya yang bertujuan mengacaukan stabilitas regional.

Kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), lanjut Segodnya, adalah proyek besar Washington untuk mengacaukan stabilitas dan keamanan Timur Tengah. Sedangkan Republik Islam Iran memandang ISIS sebagai musuh umat Islam sehingga Teheran menyokong pemerintah Suriah dan Irak dalam memerangi ISIS.

“Dukungan Iran ini serta keberanian tentara kedua negara tersebut dalam menghadapi para teroris ISIS serta kerjasama kelompok-kelompok relawan berhasil menimpakan kekalahan-kekalahan beruntun terhadap kelompok (teroris) dukungan AS tersebut,” tulis Segodnya.

Segodnya lantas menyebutkan bahwa Rusia juga andil melawan rencana-rencana kotor AS di Suriah.

“AS yang mencoba memanfaatkan serangan kelompok-kelompok teroris yang sudah frustasi untuk menggulingkan pemerintahan Bashar al-Assad mencari-cari momentum untuk melancarkan serangan militer terhadap Suriah, namun pendirian tegas Rusia di kancah internasional serta dukungan Iran kepada Moskow dalam masalah Suriah berhasil mengandaskan rencana-rencana Gedung Putih,” tulisnya.

Segodnya menilai ada kerjama serius antara Teheran dan Moskow dalam pemberantasan kelompok-kelompok teroris di Timur Tengan. Dalam kunjungan Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoygu ke Iran, kedua pihak sepakat untuk mengordinasikan langkah-langkah Teheran dan Moskow dalam pemberantasan terorisme ISIS. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL