سعود الفيصل: فلسطين قضية السعودية الأولى !!GazaCity, LiputanIslam.com – Jumlah syuhada Palestina akibat serangan Israel ke Jalur Gaza selama 36 hari dilaporkan bertambah lagi, sementara tim pencari fakta (TPF) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dijadwalkan mulai beroperasi pada bulan September mendatang.

Sebagaimana dilaporkan Falastin al-Youm dan dikutip IRNA, Juru Bicara Departemen Kesehatan Palestina di Gaza, Ashraf al-Qudrah, menyatakan jumlah syuhada bertambah lagi menjadi 1,951 orang, sedangkan korban luka 10,193 orang. Saat melaporkan hal itu tersebut Selasa malam (12/8) dia merinci bahwa sebanyak 469 syuhada adalah anak kecil, 243 perempuan, dan 88 lansia.

Sedangkan mengenai rincian korban luka dia menyebutkan korban anak kecil sebanyak 3,084 orang, perempuan 970 orang dan lansia 368 orang. Disebutkan pula bahwa rumah dan bangunan yang hancur diterjang bom Israel berjumlah 38,086 unit.

Sementara itu, TPF PBB terkait kejahatan kemanusiaan Israel di Gaza dijadwalkan mulai beroperasi sejak bulan depan, September 2014.

Menurut laporan kantor berita Palestina, SANA, duta besar Palestina di PBB, Ibrahim Khraishi, mengatakan bahwa tim PBB itu akan dipimpin oleh William Schabbas, pakar kriminal internasional dan hukum hak asasi manusia asal Kanada, sedangkan anggotanya berjumlah dua orang.

Menurut Khraishi, sebuah tim lain yang terdiri dari tujuh atau delapan personil yang mewakili Komisaris Tinggi HAM PBB juga akan bekerjasama dengan tim pencari fakta yang terdiri dari orang tersebut.

Khraishi menambahkan bahwa tim PBB rencananya akan menampung kesaksian dari para aktivis dan lembaga-lembaga peduli HAM mengenai kejahatan perang Israel di Tepi Barat dan serangan militernya ke Jalur Gaza. Sedangkan tim lain yang mengiringi mereka juga akan menyelidiki kasus-kasus pelanggaran HAM dan hukum internasional yang dilakukan Israel sejak 13 Juni 2014 di Jalur Gaza. Selanjutnya, laporan tim PBB akan diserahkan kepada Dewan Keamanan PBB pada Maret 2015. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL