Kurdish Fighters Dislodge ISIL from Syria’s Kobani: ReportsBeirut, LiputanIslam.com – Pasukan Partai Demokrasi Kurdi Suriah (KDPS) di bagian utara utara Suriah mulai menggalakkan serangan terhadap pasukan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dengan menggempur pangkalan-pangkalan militer mereka.

KDPS yang terdiri atas aliansi kelompok-kelompok Arab dan Kurdi, sebagaimana dilaporkan Rai al-Youm, dalam beberapa hari terakhir melancarkan operasi penumpasan ISIS di bagian utara provinsi Raqqah yang menjadi basis utama ISIS di Suriah.

Operasi militer pasukan KDPS dimulai pada Selasa (24/5), yaitu sehari setelah pasukan Irak memulai operasi militer besar-besaran untuk menumpas ISIS di Fallujah, provinsi Anbar, Irak barat, yang juga merupakan sarang ISIS di Irak. (Baca: PM Irak: ISIS Berantakan di Falllujah )

Direktur eksekutif lembaga Observatorium Suriah untuk HAM Rami Abdulrahman, Kamis (26/5), menyatakan pasukan KDPS mulai menggempur ISIS di kawasan-kawasan pedesaan di sekitar kota kecil Ain Issa yang berjarak 55 km dari kota Raqqah.

Dia juga mengatakan pasukan koalisi internasional anti ISIS juga masih melancarkan serangan terhadap pangkalan-pangkalan dan lokasi-lokasi pergerakan ISIS, tapi intensitasnya berkurang dalam beberapa hari terakhir.

KDPS mengaku berhasil membebaskan lima desa dan bergerak maju sejauh 7 km dari Ain Issa menuju kota Raqqah.

Operasi militer pasukan Kurdi tersebut dimulai dari kawasan pinggiran selatan kota perbatasan Tel Abyad dan kawasan sekitar Ain Issa di bagian barat laut provinsi Raqqah.

Dilaporkan bahwa dewasa ini di beberapa kawasan tersebut terjadi pertempuran sengit pasukan Kurdi yang dibantu pasukan udara koalisi internasional melawan kawanan teroris ISIS. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL