rakyat-suriah-rayakan-kemenanganAleppo, LiputanIslam.com –   Pasukan pemerintah Suriah, Kamis (22/12/2016), secara resmi mengumumkan bahwa seluruh bagian kota Aleppo sudah bebas dari pendudukan kubu pemberontak dan teroris, dan kembali ke tangan pemerintah Suriah.

“Berkat darah syuhada mulia, kepahlawanan dan pengorbanan angkatan bersenjata gagah berani kita beserta pasukan pendukung dan sekutu, serta keteguhan tekad bangsa kita, komando umum angkatan bersenjata mengumumkan pulihnya kembali keamanan dan ketentraman kota ini setelah dibebaskan dari para teroris dan keluarnya sisa-sisa mereka dari kota ini,” bunyi pengumuman itu.

Mendengar pengumuman ini, jalanan kota terbesar kedua di Suriah ini Kamis malam sontak berubah menjadi arena sukaria penduduk. Suasana kota ini mendadak diriuhkan oleh suara tepuk tangan dan klakson kendaraan ribuan penduduk yang turun jalan-jalan utama bagian barat Aleppo. Sedangkan bagian timur tetap lengang dan lebih menyerupai kota mati karena puluhan ribu penduduknya sudah mengungsi setelah sekian lama terjebak di tengah pertempuran sengit.

“Kegembiraan kami sangat besar, kami tidak menganggap lima tahun keberadaan para teroris di sini sebagai bagian dari hidup kami, sekarang Aleppo sudah kembali,” ujar seorang warga di Aleppo kepada AFP.

TV Suriah Kamis malam juga menayangkan suasana pesta kegembiraan rakyat Suriah di kota Latakia dan Homs tak lama setelah pengumuman tersebut.

Pengumuman ini disampaikan setelah proses evakuasi kawanan bersenjata pemberontak dan teroris serta warga sipil dari Aleppo timur tuntas.

Rakyat Suriah turun ke jalan-jalan sambil mengibarkan bendera Suriah dan Suriah serta poster Presiden Bashar al-Assad. Sebagian orang mengekspresikan kegembiraannya dengan melepaskan tembakan ke udara.

Sebelumnya, juru bicara Komite Palang Merah Internasional di Suriah, Anji Sidqi, menyatakan tahap-tahap terakhir evakuasi kawanan bersenjata dan warga sipil berjalan lancar hingga menjangkau kawasan terakhir yang dikuasai kawanan pemberontak di Aleppo timur.

“kami berharap puluhan bus dan mobil pribadi hari  ini keluar, proses ini berlangsung sehari penuh, dan bahkan berlanjut sampai malam,” katanya.

Dia menambahkan bahwa jika proses berjalan lancar maka bisa jadi akan selesai dan tuntas pada Kamis malam.

Sejak dimulainya lagi proses evakuasi sesuai kesepakatan segi tiga Rusia, Iran dan Turki, Komite Palang Merah Internasional mencatat sejumlah 30,000 orang telah keluar dari Aleppo timur.

Setelah proses evakuasi selesai, pasukan pemerintah Suriah mengumumkan secara resmi keberhasilannya merebut kembali kota Aleppo secara total. Keberhasilan ini tercatat sebagai kemenangan terbesar pasukan pemerintah dalam krisis pemberontakan dan terorisme yang terjadi sejak tahun 2011 dengan korban tewas lebih dari 310,000 orang. (mm/irna/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL