Damaskus, LiputanIslam.com –   Kantor Kepresiden Republik Arab Suriah merilis statemen menyatakan bahwa Pasukan Arab Suriah (SAA) dan sekutunya telah berhasil memecah kepungan kelompok teroris ISIS terhadap kota Deir Ezzor, Selasa (5/9/2017).

“SAA dan kelompok-kelompok pasukan sekutunya telah memecah kepungan yang telah berlangsung selama lebih dari tiga tahun terhadapi kota Deir Ezzor dan telah berjumpa dengan prajurit gagah berani Garda Presiden dan Brigade 137 yang telah mempertahankan kota ini di depan para teroris selama masa kepungan,” bunyi statemen itu.

Di berbagai kawasan kota Deir Ezzor masyarakat menggelar pesta dan bersuka ria atas kemenangan dan keberhasilan SAA memecah kepungan ISIS.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat kepada sejawatnya di Suriah, Bashar al-Assad, atas kemenangan SAA di Deir Ezzor.

Juru bicara presiden Rusia, Dmitry Peskov, mengatakan bahwa Putin telah menyampaikan ucapan selamat atas kemenangan itu dan menyebutnya sebagai langkah signifikan dalam proses pembebasan seluruh tanah Suriah dari pendudukan teroris.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan bahwa blokade terhadap Deir Ezzor sudah dipecahkan oleh SAA dan sekutunya dengan bantuan serangan udara dan rudal Kalibr Rusia terhadap beberapa markas dan pusat  konsentrasi kawanan teroris ISIS di kawasan sekitar Deir Ezzor.

Menurut kementerian ini, ISIS berusaha menghadang serangan SAA dengan mengerahkan banyak pasukan bom mobilnya, namun SAA berhasil menghancur kan lebih dari 50 mobil yang dikemudikan oleh pelaku serangan bunuh diri ISIS.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif juga mengucapkan selamat kepada pemerintah dan rakyat Suriah atas keberhasilan SAA memecah kepungan ISIS terhadap Deir Ezzor,

“Ini merupakan kemenangan penting atas radikalisme yang memang sudah seharusnya tidak memiliki tempat di kawasan dan dunia kita,” ucapnya dalam wawancara dengan TV al-Mayadeen, Selasa. (mm/rayalyoum/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL