Damaskus, LiputanIslam.com – Militer Suriah menyatakan telah menembak jatuh satu jet tempur  dan empat rudal Israel di wilayah selatan Suriah.

“Pasukan pertahanan udara kami menembak jatuh satu jet tempur Israel dan empat rudal sebelum mereka mencapai target,” kata sumber keamanan Suriah seperti dikutip kantor berita RIA milik Rusia, Kamis malam waktu setempat (29/11/2018).

Sumber itu mengatakan bahwa semua rudal yang ditujukan ke kota Kiswah, di selatan ibukota Damaskus, itu ditembak jatuh sebelum menerjang targetnya.

Sumber-sumber lain melaporkan bahwa serpihan telah jatuh dari angkasa dekat desa Harfa, tetapi tidak jelas apakah itu adalah serpihan rudal yang dicegat atau serpihan rudal pencegat.

Di pihak lain,  juru bicara militer Israel membantah laporan RIA dan menyebutnya “palsu.”

Media Israel mengklaim bahwa penasehat militer Iran serta pejuang Hizbullah Lebanon adalah target utama serangan itu.

Dua sumber intelijen senior regional mengatakan kepada Reuters bahwa  Hizbullah yang bekerja sama dengan Iran dalam pemberantasan teroris yang didukung asing di Suriah dilaporkan telah mendirikan pusat komunikasi dan logistik untuk operasi di Suriah selatan dekat perbatasan Israel di Dataran Tinggi Golan.

Tel Aviv menyebut keberadaan Iran di Suriah sebagai ancaman bagi keamanan Israel, dan dengan dalih ini Israel selama tujuh tahun perang Suriah telah beberapa kali menyerang posisi pasukan Iran dan pasukan lain yang diduga didukung Iran.

Serangan itu merupakan cara Israel dalam berusaha menyokong kelompok-kelompok teroris yang kalah perang  melawan tentara Suriah.

Israel dan AS bahkan telah menekan Rusia yang juga merupakan sekutu Suriah agar mengusir Iran dari Suriah. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*