tentara suriah di aleppoAleppo, LiputanIslam.com – Pasukan Suriah dan para sekutunya dilaporkan telah mengepung dan menangkapi banyak teroris takfiri bersenjata yang berasal dari berbagai negara di pinggiran selatan provinsi Aleppo, sementara jet-jet tempur Rusia menghajar kawanan teroris di perbatasan Suriah-Lebanon, dan 26 warga sipil Suriah tewas akibat serangan udara pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat.

Al-Mayadeen saat memberitakan perkembangan ini menyebutkan bahwa tentara Suriah dan sekutunya Senin (7/12) berhasil menguasai jalur internasional Damaskus – Aleppo di pinggiran selatan provinsi Aleppo, memperkuat dataran tinggi timur yang menghadap ke sahara al-Ghab, dan merebut beberapa kawasan pedesaan.

Bersamaan dengan ini, jet-jet tempur Rusia membombardir basis kelompok-kelompok teroris takfiri di wilayah perbatasan Suriah – Lebanon hingga menimbulkan suara-suara ledakan dan gemuruh yang terdengar hingga kawasan timur Lebanon, termasuk di daerah-daerah yang cukup jauh dari perbatasan seperti Hermel dan Baalbek.

Kantor berita Lebanon NNA melaporkan suara-suara ledakan keras itu berasal dari bom-bom yang dijatuhkan jet-jet tempur Rusia di wilayah perbatasan Lebanon-Suriah , barisan pegunungan timur Lebanon dan dataran tinggi distrik Arsal di timur laut Lebanon, dan serangan itu menimbulkan banyak kerugian pada kawanan teroris.

Al-Manar menyebutkan tak kurang dari 12 posisi kelompok teroris ISIS dan Front al-Nusra dihajar pasukan udara Rusia di pintu perbatasan al-Zamrani di dataran tinggi Qalamoun dan Arsal hingga menjatuhkan banyak korban jiwa dan materi di pihak teroris.

Laporan lain dari Kommersant menyebutkan pasukan udara Rusia mulai menggunakan dua lapangan udara (lanud) tambahan di Suriah, yaitu Lanud al-Shairat dan Tayyas di Rif Homs, setelah sebelumnya hanya menggunakan lapangan udara Hmeimim di Latakia.
Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa pasukan udara Rusia menggunakan dua lanud itu untuk pengisian bahan bakar dan perbaikan.

Beberapa sumber menjelaskan bahwa lanud Tayyas lebih memadai dibanding pangkalan udara Hmeimim untukmendukung kemajuan pasukan Suriah di Rif Deir ez-Zor, sedangkan lanud al-Shairat akan digunakan untuk menyokong pasukan Suriah di Rif Homs.

Sementara itu, sebagaimana dilansir AFP, lembaga Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) menyatakan sedikitnya 26 warga sipil Suriah tewas terkena serangan udara pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat di dekat desa al-Hul di timur laut Suriah. Di antara para korban tewas itu terdapat tujuh anak kecil dan empat orang perempuan. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL