Kawanan teroris ISIS di Yarmouk

Damaskus, LiputanIslam.com – Sejak beberapa hari lalu Suriah mengerahkan pasukannya di dekat beberapa distrik di mana kelompok teroris ISIS masih bercokol di selatan Damaskus. Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) melaporkan bahwa pengerahan pasukan ini dilakukan sebagai persiapan untuk menggelar operasi militer pengembangan kekuasaan atas kawasan ibu kota.

Menurut lembaga yang bermarkas di Inggris ini, pengerahan pasukan Suriah itu berlangsung sejak hari Ahad lalu sebagai persiapan untuk operasi penumpasan ISIS di wilayah ibu kota, dan pengerahan dilakukan bukan hanya dari Damaskus melainkan juga dari luar ibu kota.

Koran al-Watan milik Suriah mengutip pernyataan beberapa sumber yang menyebutkan bahwa situasi di lapangan sekarang menunjukkan bahwa masalah ISIS di beberapa area yang dikuasai oleh kelompok ekstremis Wahhabi takfiri ini akan selesaikan secara militer.

ISIS sejak tahun 2015 menguasai sebagian besar kamp pengungsi Palestina Yarmouk serta beberapa bagian di distrik al-Jahar al-Aswad dan al-Tadamun. Bulan lalu mereka juga merebut distrik al-Qadam ketika pasukan Suriah banyak dikonsentrasikan untuk perang di Ghouta Timur.

Dengan menguasai beberapa daerah tersebut tentara Suriah akan berhasil mengembangkan kekuasaannya atas seluruh kawasan ibu kota untuk pertama kalinya sejak 2012.

Pada tahun 2015 ISIS melancarkan serangan hebat ke kamp Yarmouk hingga berhasil mengusir milisi oposisi Suriah, dan memperkuat kekuasaannya atas sebagian besar wilayah ini, sementara kelompok teroris Hayat Tahrir Sham alias Jabhat al-Nusra menguasai beberapa bagian lainnya. (mm/rt/afp)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*