al-hashd-al-shaabi-relawan-irak

Pasukan relawan irak al-Hashd al-Shaabi

Damaskus, LiputanIslam.com –   Suriah ingin membentuk pasukan relawan seperti al-Hashd al-Shaabi (mobilisasi rakyat) seperti di Irak. Mahmoud  Bukjakhdar, anggota Majelis Perwakilan Rakyat Suriah, Selasa (20/12/2016), mengatakan sudah ada keputusan untuk membentukan pasukan relawan yang mirip dengan al-Hashd al-Shaabi, baik dari segi perlengkapan perang, jumlah personil, maupun misinya.

Dia menjelaskan bahwa di Suriah ada hasrat untuk meminta bantuan kepada para pemimpin al-Hashd al-Shaabi di Irak agar berbagi pengalaman mengenai pembentukan pasukan rakyat sedemikian tangguh.

Al-Hashd al-Shaabi dibentuk di Irak tak lama setelah kawanan teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) menyerbu dan menguasai Mosul, ibu kota provinsi Nineveh, Irak utara, pada tahun 2014. Pasukan ini diakui tangguh dan berkiprah besar dalam pembebasan berbagai kota dan daerah di Irak.

Al-Hashd al-Shaabi kerap didengungkan oleh media Barat dan sejumlah negara Arab Teluk sebagai pasukan Syiah yang dibentuk dan dipersenjatai oleh Iran untuk menindas kaum Sunni, padahal sekira 25 komponen Sunni juga terlibat dan menjadi anggota al-Hashd al-Shaabi.  (mm/aljournal)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL