Syria-army-troopsKuwait, Liputan Islam.com – Tentara Suriah dilaporkan serius menggelar sistem peluncur roket anti serangan udaranya di  wilayah perbatasannya dengan Turki untuk mengantisipasi agresi jet-jet tempur Turki. Demikian dilaporkan Harian al-Rai terbitan Kuwait edisi Senin (31/03/2014). “Suriah sedang menanti kesempatan masuknya jet tempur Turki ke wilayah Suriah dengan harapan dapat membalas penembakan jatuhan jet tempur Suriah oleh Turki beberapa lalu,” tulis al-Rai.

Menyinggung “Perang Anfal” yang dikobarkan oleh berbagai kelompok ekstrim dukungan Turki, al-Rai menyebutkan bahwa ribuan milisi bersenjata seperti Sham al-Islam, Ansar Sham, Front al-Nusra dan Ahrar Sham telah memasuki wilayah Suriah dari pintu perbatasan Kasab dan berhasil melancarkan serangan serta menduduki sejumlah wilayah termasuk desa Samra di daerah pesisir Latakia, Mataam, Naba al-Mar, Jabal Nasr dan Kasab. Namun, lanjut al-Rai,  pendudukan tak berlangsung lama karena beberapa jam setelah mereka menduduki kawasan perbukitan strategis yang disebut “Titik 45” tentara Suriah segera melancarkan serangan sengit dan masif sehingga milisi itu mundur lagi dari semua kawasan tersebut.

Sementara itu, media online el-Nashra mengutip keterangan sumber-sumber Suriah memberitakan bahwa Damaskus hingga kini belum mengambil keputusan untuk merespon campurtangan Turki di kawasan Kasab. El-Nashra menambahkan, tentara Suriah berhasil menguasai penuh kawasan Tel Idris di Kasab dan mengerahkan roket-roket dan artilerinya untuk mengusai penuh Titik 45.

Menurut media yang berbasis di Lebanon ini, Turki telah mempersiapkan masuknya milisi pemberontak Suriah ke wilayah Suriah dan membantu mereka dengan menembaki posisi-posisi tentara suriah dengan artileri, dan bahkan dengan kapal perang dan pesawat tanpa awak.

El-Nashra juga menyebutkan bahwa Suriah masih menahan diri dan tidak membalas aksi Turki supaya konflik di perbatasan ini tidak dimanfaatkan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan dalam kampanye pemilu lokal Turki. Namun, lanjut el-Nashra, usai pemilu itu terbuka berbagai opsi bagi Suriah dalam menghadapi ulah Turki. (mm/alrai/elnashra)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL