Damaskus, LiputanIslam.com –  Pemerintah Suriah dan kelompok pejuang Jihad Islam Palestina mengecam keras keputusan pemerintah Amerika Serikat (AS) menggolongkan Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) sebagai organisasi teroris.

Kementerian Luar Negeri Suriah menyebut keputusan Presiden AS Donald Trump itu diambil hanya demi melayani “rezim pendudukan Israel” dan proyek kolonial Barat untuk berdominasi di kawasan Timteng.

“Republik Arab Suriah sangat mengutuk keputusan pemerintah AS terhadap IRGC, yang merupakan serangan terang-terangan terhadap kedaulatan Republik Islam Iran,” ungkap sumber resmi di Kementerian Luar Negeri Suriah, Senin (8/4/2019)

Sumber itu juga menegaskan, “Tindakan tak bertanggung jawab pemerintah AS itu adalah dalam rangka perang yang tak diumumkan namun dilakukan oleh AS terhadap Iran dan menjadi dasar bagi rezim pendudukan Israel dan proyek kolonial Barat untuk mendominasi kawasan, yang membuat pemerintahan AS saat ini paling Zionis dalam sejarah AS.”

Dia menambahkan, “Tindakan AS itu merupakan lencana kehormatan dan pengakuan akan peran utama IRGC dalam membela kedaulatan Republik Islam Iran dan keputusan nasionalnya yang independen serta peran penting Poros Resistensi dalam perlawanan terhadap kecenderungan hegemoni dan arogansi AS serta terhadap agresi dan ekspansionis Zionis atas negara-negara dan bangsa-bangsa di kawasan.”

Kutukan terhadap keputusan Trump itu juga dinyatakan oleh faksi Jihad Islam Palestina dengan menyebutnya kelanjutan dari politik-politik agresif AS.

Faksi ini menegaskan bahwa AS sendiri merupakan negara sponsor terorisme serta sumber perang dan konflik di dunia, dan bahwa dukungan AS kepada terorisme merupakan saksi hidup kejahatan terhadap kemanusiaan.

Presiden AS Donald Trump dalam sebuah pernyataan yang dirilis Senin kemarin secara resmi menyatakan bahwa pemerintahannya akan memasukkan IRGC dalam daftar organisasi terorisnya. (mm/alalam/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*