suhu panas di kuwaitKuwaitCity, LiputanIslam.com – Suhu udara di Kuwait pada Kamis pekan lalu, 21 Juli 2016, dilaporkan mencapai 54 derajat Celsius sehingga menjadi angka tertinggi yang pernah tercatat di belahan timur Bumi dan hampir setara dengan suhu tertinggi yang pernah tercatat.

Guardian, Minggu (24/7/2016), melaporkan bahwa stasiun cuaca di Mitribah, daerah terpencil di Kuwait barat laut, mencatat suhu tersebut pada pekan lalu, sementara suhu di kota Basrah, Irak, mencapai 53,9 derajat Celcius.

Jika suhu itu diverifikasi oleh World Meteorological Organisation maka hampir pasti menjadi temperatur tertinggi yang pernah tercatat di bumi.

Hingga saat ini rekor resmi suhu tertinggi tercatat di Furnace Creek Ranch di Death Valley, California, pada 10 Juli 1913, yaitu mencapai 56,7 derajat Celsius. Namun akurasi angka itu disangsikan banyak ahli karena peralatan saat itu belum secanggih sekarang.

Sementara itu, media Kuwait al-Watan al-Arabi, Minggu (24/7), memberitakan bahwa sebanyak ratusan ribu warga negara yang berpenduduk sekitar 4 juta jiwa ini memilih pergi ke luar negeri atau menjalankan liburan musim panas lebih cepat dari jadwal akibat tingginya suhu udara. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL