serangan saudi ke yaman4Sanaa, LiputanIslam.com – Arab Saudi dan beberapa negara sekutunya masih gencar menggempur berbagai kawasan di Yaman hingga menambahkan jumlah korban tewas dan luka, sementara di wilayah perbatasan kedua negara telah terjadi kontak senjata yang menewaskan  sedikitnya tiga perwira Saudi.

Dalam peristiwa terbaru yang dilaporkan TV al-Mayadeen Minggu (12/4), jet tempur Saudi dan sekutunya melesatkan misil ke sebuah stadion di provinsi Ibb di Yaman tengah, mengakibatkan puluhan warga sipil tewas dan beberapa lainnya luka-luka.

Situs Yaman al-Khabar juga memberitakan kebrutalan Saudi tersebut sembari menyebutkan bahwa serangan itu juga menyasak sebuah bangunan apartemen dua lantai hingga bangunan itu hancur dan menimpa para penghuninya, termasuk perempuan dan anak kecil.
Sumber kesehatan setempat menyatakan bahwa petugas keamanan belum dapat mengevakuasi para korban dari balik reruntuhan bangunan.

Al-Mayadeen melaporkan bahwa jet-jet tempur Saudi dan sekutunya juga menyerang beberapa bangunan strategis milik negara di kawasan Sarwah, provinsi Ma’arib, timur laut Yaman. Selain itu, bangunan administrasi keamanan di provinsi Sa’adah di utara Yaman juga menjadi sasaran serangan mereka hingga menjatuhkan beberapa korban tewas dan luka.

Beberapa Perwira Saudi Tewas

Nahrainnet Minggu kemarin melaporkan, sebuah sumber militer Arab Saudi menyatakan tiga perwira Saudi tewas dan dua lainnya luka-luka akibat serangan mortir milisi Ansarullah (Houthi) di Najran.

Sumber yang tak disebutkan namanya itu mengatakan bahwa Jumat lalu (10/4) milisi Ansarullah telah menyerang beberapa posisi pasukan Arab Saudi di kawasan perbatasan Saudi-Yaman di kawasan Najran. Dia menambahkan bahwa serangan ini lantas mengobarkan kontak senjata sengit yang menurutnya telah membuat pihak Ansarullah juga menderita banyak kerugian.

Para saksi mata mengatakan bahwa tentara Saudi yang tewas dalam pertempuran mencapai lebih dari 30 orang.

Tentara Yaman dan Houthi Kuasai Kota Qfar

Tentara Yaman dan pasukan komite-komite rakyat yang terafiliasi dengan Houthi berhasil mengendalikan kamanan kota al-Qafr, provinsi Ibb.

Yaman Press menyebutkan bahwa mereka berhasil mengusir kelompok-kelompok bersenjata Partai Islah yang terafiliasi dengan Ikhawanul Muslimin dan kelompok teroris al-Qaeda dari kota kecil itu setelah terlibat pertempuran selama tiga hari.

Yaman Press juga menyebutkan tentara Yaman bersama “pasukan revolusioner” dewasa ini terus mempersempit ruang gerak milisi pendukung presiden pelarian Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi di kawasan al-Tawahi, provinsi Aden.

Seperti diketahui, Yaman menjadi sasaran serangan udara Saudi dan beberapa negara sekutunya sejak 26 Maret lalu. Sebanyak 10 negara, termasuk negara-negara Dewan Kerjasama Teluk (GCC), kecuali Oman, dilaporkan terlibat dalam serangan ini.

Sebagian laporan menyebutkan bahwa korban tewas akibat serangan itu sudah mencapai lebih dari seribu orang yang sebagian di antaranya perempuan, anak kecil dan lansia.

Serangan itu dilakukan sebagai pelampiasan kemarahan Saudi atas keberhasilan revolusi rakyat di bawah komando Houthi menggulingkan pemerintahan Mansur Hadi yang bersekutu dengan Saudi . (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL