pasukan oposisi suriahBeirut, LiputanIslam.com – Lembaga Pemantau HAM Suriah, SOHR, menyatakan bahwa sebagian oposisi Suriah telah bergabung dengan pasukan pemerintah Suriah dan ikut bertempur melawan teroris.

Sebagaimana dilaporkan AFP, lembaga yang aktif memantau perkembangan situasi perang di Suriah itu menyebutkan bahwa sekelompok militan yang sebelumnya ada pihak oposisi Ahad lalu (8/2/2015) bergabung dengan pasukan pemerintah Suriah yang bernama Jaish al-Wifa’ dan ikut terlibat dalam perang melawan teroris di sebuah kawasan dekat Damaskus.

Jaish al-Wifa’ (Pasukan Loyal) adalah salah satu kelompok pasukan yang terafiliasi dengan pemerintah Suriah dan terbentuk tiga bulan lalu. Pasukan ini bertempur dengan kawanan teroris di kota Douma, 10 kilometer sebelah timur pusat kota Damaskus.

Dalam Jaish al-Wifa’ juga terdapat kelompok bersenjata yang semula memerangi pemerintah Suriah namun akhirnya memilih menyerahkan diri kepada tentara Suriah.

Menurut SOHR, Jaish al-Wifa’ diperankan dalam upaya penumpasan kelompok oposisi yang menamakan dirinya Jaish al-Islam di kawasan Rif Damaskus.

Laporan lain dari Reuters menyebutkan bahwa penduduk kota Aleppo di bagian timur laut Suriah mengatakan sebagian besar kawanan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mundur dari beberapa desa di timur laut Aleppo bersama peralatan tempur mereka menyusul intensifnya tekanan dari pasukan Suriah dan milisi Kurdi.

Sebelumnya, SOHR juga menyebutkan bahwa ISIS telah menarik pasukannya dari provinsi Aleppo dan memindah mereka ke kawasan timur untuk berperang melawan milisi Kurdi dan berbagai kelompok oposisi Suriah.

Ketua SOHR Sami Abdurrahman mengatakan bahwa meskipun ISIS masih menguasai beberapa bagian provinsi Aleppo, namun front anti ISIS kian meluas, dan meskipun ISIS sudah tidak memiliki juru bicara, namun dua anggota mereka beberapa hari lalu mengatakan bahwa mereka telah menarik perlengkapan perang mereka dari Kobane dan mengalihkannya ke Irak. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL