Beirut, LiputanIslam.com – Sebanyak 35 pasukan Suriah dan 9 orang Rusia, tewas terkena serangan kawanan teroris ISIS beberapa hari lalu di Suriah timur. Demikian dilaporkan Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR), Ahad (27/5/2018).

Lembaga monitoring yang berbasis di Inggris ini menyebutkan, “Para kombatan ISIS Rabu lalu menyerang sebuah konvoi pasukan Suriah dan pasukan Rusia sekutunya ketika berhenti di sebuah titik lokasi di barat daya Mayadin hingga menewaskan 26 tentara Suriah dan 9 orang Rusia yang beberapa  di antaranya militer dan petempur bayaran.”

Di pihak lain, Kemhan Rusia di hari yang sama menyatakan bahwa empat tentara Rusia terbunuh akibat serangan tersebut.

Kantor berita Rusia mengutip pernyataan kemhan negara ini bahwa saat itu “beberapa kelompok teroris melancarkan serangan dan membawa beberapa artileri pasukan pemerintah Suriah.”

Kemhan Rusia menjelaskan bahwa “dua di antara korban meninggal Rusia  yang bekerja sebagai penasehat yang mengelola artileri Suriah” meninggal di tempat akibat serangan itu, sedangkan lima orang lainnya terluka dan segera dilarikan ke rumah sakit militer Rusia namun dua di antaranya kemudian meninggal.

Kemhan Rusia juga menyebutkan bahwa dalam peristiwa itu telah berlangsung kontak senjata selama hampir satu jam, dan sebanyak 43 teroris terbunuh.

Menurut data resmi Rusia, jumlah tentara Rusia yang terbunuh di Suriah sejak Negeri Beruang Merah itu campur tangan dalam konflik Suriah mencapai 92 orang.

Beberapa daerah di provinsi Deir Ezzor masih dikuasai oleh kawanan teroris ISIS, sementara jumlah tentara Rusia yang berada di Suriah diperkirakan 3000 personil yang sebagian besarnya di tempatkan di Pangkalan Hmeimim di bagian barat laut Suriah. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*