Kurdish Fighters Dislodge ISIL from Syria’s Kobani: ReportsBeirut, LiputanIslam.com – Pasukan Kurdi Suriah di kota Ain al-Arab alias Kobane di bagian utara Suriah dekat perbatasan Turki dilaporkan terus mengalami kemajuan dalam pertempuran melawan kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang sejak beberapa bulan lalu berusaha merebut kota yang sebagian besar penduduknya bersuku Kurdi tersebut.

Menurut laporan Alalam, lembaga Pemantau HAM Suriah (SOHR) dalam siaran persnya menyebutkan bahwa pasukan Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) yang bertempur melawan ISIS sejak sekitar empat bulan lalu Senin (5/1/2015) berhasil menguasai sepenuhnya zona segi empat keamanan yang meliputi pusat pemerintahan setempat dan markas YPG setelah sekitar dua bulan lokasi itu jatuh ke tangan ISIS.

YPG berhasil merebut kembali zona itu setelah terlibat pertempuran sengit yang dimulai sejak menjelang pertengahan malam Minggu (4/1/2014) dan berlangsung hingga dini hari Selasa ini, sementara kontak senjata antara kedua belah pihak masih berlangsung di bagian selatan kota.

Menurut SOHR, sebanyak 14 anggota ISIS yang sebagian besar adalah warga negara asing tewas dalam pertempuran tersebut.
Pasukan ISIS mulai melancarkan serangan besar-besaran ke Kobane sejak 16 September 2014, dan setelah serangan berjalan beberapa minggu mereka berhasil merebut lebih dari separuh wilayah kota ini. Namun demikian, gerak maju mereka tertahan sejak awal November 2014, dan sejak itu para petempur Kurdi mulai berada di atas angin.

SOHR melaporkan bahwa sejauh ini hanya tinggal 20 persen wilayah Kobane yang masih dikuasai ISIS. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*