pasukan isisHoms, LiputanIslam.com – Lembaga Pemantau HAM Suriah (SOHR) Jumat kemarin (20/3/2015) mengabarkan bahwa pasukan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) telah melancarkan serangan yang sejauh ini telah menewaskan lebih dari 70 tentara Suriah di pinggiran kota Homs.

Sebagaimana diberitakan Press TV, SOHR menjelaskan bahwa serangan itu dilancarkan ISIS terhadap beberapa pos pemeriksaaan dan posisi pasukan pemerintah Suriah di daerah al-Sekhani di timur kota Homs. Namun, tanpa menyebutkan angka, SOHR menambahkan bahwa di pihak ISIS juga telah jatuh beberapa korban.

Menurut lembaga yang dekat dengan kubu oposisi Suriah dan berbasis di Inggris ini, ISIS sengaja melancarkan serangan intensif di timur kota Homs dan Hama “dalam rangka menguatkan mental para pendukungnya setelah ISIS menderita serangkaian kekalahan.”

“Belakangan ini ISIS mengalami kemunduran di provinsi Aleppo, Raqqah dan Hasakah dalam konfrontasi dengan Kurdi di satu sisi dan pasukan rezim Suriah di sisi lain. Sekarang mereka mencoba untuk mencetak poin-poin militer, yang terbatas sekalipun, demi menebus kerugian mereka,” kata Direktur SOHR, Sami Abdel Rahman.

Laporan lain dari AFP menyebutkan bahwa SOHR juga mengabarkan 20 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka diterjang serangan bom bunuh diri anggota ISIS di sebuah tempat penyelenggaraan pesta menjelang tahun baru Nurouz di kota Hasakah yang berpenduduk Kurdi di bagian timur laut Suriah, Jumat kemarin.

SOHR menambahkan bahwa serangan serupa juga terjadi di tempat perkumpulan lain di kota yang sama, namun hanya menjatuhkan beberapa korban luka. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*