suriah palmyraBeirut, LiputanIslam.com –  Kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengeksekusi sedikitnya 23 warga sipil di distrik Amiriyah di kota purbakala Palmyra (Tadmir), Suriah, Jumat (15/5). Demikian dinyatakan Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR), sebagaimana diberitakan AFP dari Beirut dan dimuat laman Rai al-Youm.

Direktur Ekskutif SOHR Sami Abdulrahman mengatakan, “Para petempur ISIS menembak mati sedikitnya 23 warga sipil, sembilan di antaranya anak kecil di distrik Amiriyah di utara Tadmir. Di antara para korban adalah anggota keluarga pegawai pemerintah (Suriah).”

Berbagai kawasan di utara, timur dan selatan Tadmir diwarnai pertempuran sengit antara ISIS dan pasukan pemerintah Suriah yang telah mengirim pasukan tambahan. Beberapa jet tempur Suriah juga membombardir kawasan sekitar Tadmir. Pertempuran berkobar sejak Selasa malam lalu.

Menurut SOHR, ISIS menguasai distrik Sakhnah yang berdekatan dengan Tadmir dan merebut semua pos militer di jalan yang menghubungkan distrik itu dengan Tadmir. Jumat kemarin jarak ISIS dengan kota peninggalan sejarah yang tercatat dalam daftar warisan sejarah dunia itu hanya tinggal sekira 1 kilometer.

SOHR juga menyebutkan bahwa pertempuran itu telah menjatuhkan sedikitnya 153 korban tewas, 88 di antaranya tentara Suriah dan kelompok bersenjata pendukungnya, sedangkan 65 lainnya anggota ISIS.

Sehari sebelumnya, SOHR menginformasikan bahwa ISIS juga telah mengeksekusi 26 warga sipil dekat Tadmir, 10 di antaranya dipenggal karena dianggap sebagai agen pemerintah Suriah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL