tentara suriah di aleppo2Beirut, LiputanIslam.com –    Sedikitnya 50 anggota kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tewas dalam pertempuran melawan tentara Suriah yang bergerak maju di Rif Aleppo, Minggu (21/2).  Demikian dikabarkan Lembaga Observatorium Suriah untuk HAM (Syrian Observatory for Human Rights/SOHR), sebagaimana dilansir AFP dan dikutip Rai al-Youm, Senin (22/2).

Direktur eksekutif SOHR Sami Abdulrahman menjelaskan bahwa dalam pertempuran itu pasukan udara Rusia juga turut menggempur ISIS guna menyokong operasi militer Suriah yang terus bergerak maju sejak awal Februari di provinsi Suriah yang berbatasan dengan Turki tersebut.

Disebutkan pula bahwa pada dini hari Sabtu pekan lalu tentara Suriah berhasil merebut kembali 18 desa yang terletak di jalan raya sepanjang 40 km yang menghubungkan bagian timur Aleppo dengan kota Raqqah yang menjadi markas besar ISIS.

Menurut Abdulrahman, tentara Suriah di sana telah mengepung sejumlah besar anggota ISIS yang terjebak di 16 desa yang terletak di bagian selatan jalan raya tersebut.

“Pemerintah bermaksud memulihkan kekuasaannya di sana demi memperkuat eksistensinya di timur dan tenggara provinsi ini,” ujarnya.

Sejak dibantu pasukan udara Rusia, tentara Suriah berhasil mengusir kelompok-kelompok pemberontak dan kawanan teroris Jabhah al-Nusra dari sejumlah kota dan daerah di kawasan utara provinsi Aleppo.

Keterdesakan para teroris di bagian utara Suriah membuat mereka kalap dan memilih menggalakkan serangan-serangan teror bom bunuh diri, sebagaimana terjadi di Homs dan Damaskus belum lama ini, (Baca:Serangan Teror ISIS Bunuh 83 Warga Sipil di Pinggiran Damaskus ) (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL