Washington, LiputanIslam.com –  Penasehat keamanan nasional Presiden Amerika Serikat, Michael Flynn, mengecam ujicoba rudal balistik yang dilakukan Iran belum lama ini, dan menyebutnya pelanggaran “provokatif” terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB.

Flynn juga menuding Iran melakukan serangkaian tindakan provakotif lain, termasuk menyokong gerakan Ansarullah (Houthi) di Yaman yang belum lama ini telah menyerang kapal perang Arab Saudi dekat pelabuhan Hudaida, Yaman.

“Dimulai sejak hari ini, kami secara resmi memperingatkan Iran,” katanya dalam jumpa pers di Gedung Putih, Rabu (1/2/2017).

Dia menyatakan tindakan Iran itu mengancam stabilitas regional dan menimbulkan resiko pada kehidupan orang-orang AS, dan karena itu Iran sekarang sudah “mendapat peringatan.”

“Pemerintahan Trump mengutuk aksi-aksi Iran itu, yang merusak keamanan, kemakmuran, dan stalibilitas di seluruh dan di luar Timteng, dan menempatkan kehidupan orang-orang Amerika pada resiko,” katanya.

Flynn tidak memberikan isyarat apapun mengenai langkah yang akan diambil oleh AS, apakah melalui jalur militer atau diplomatik,  terhadap tindakan “provokatif” Iran tersebut.

Dia juga menilai pemerintahan presiden AS sebelumnya, Barack Obama, tak becus menangani “aksi-aksi berbahaya” Iran.

Menimpali pernyataan ini, Sekrataris Pers Gedung Putih Sean Spicer di hari yang sama mengatakan bahwa AS tidak ingin “duduk diam dan tak bertindak terhadap aksi-aksi mereka.”

Iran sendiri sebelumnya juga telah memberi peringatan terhadap AS. Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Jawad Zarif menyatakan AS hendaknya tidak mencari-cari “dalih” untuk membangkitkan “ketegangan baru” mengenai proyek rudal balistik Iran.

“Rudal bukan bagian dari kesepakatan nuklir. Iran selamanya tidak akan pernah menggunakan rudal-rudal yang dibuat di Iran untuk menyerang negara lain… Rudal Iran dibuat bukan untuk membawa hulu ledak nuklir,” tegasnya dalam konferensi pers bersama sejawatnya dari Perancis,  Jean-Marc Ayrault, di Teheran, Selasa (31/1/2017). (mm/cnn)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL