Riyadh, LiputanIslam.com –  Organisasi Kerjasama Islam (OKI) memenuhi seruan Arab Saudi untuk mengecam Iran terkait dengan serangan rudal Yaman ke Saudi.

Pertemuan para menlu OKI, Ahad (21/1/2018), menghasilkan deklarasi berisi mendukung Saudi dalam “pemberantasan terorisme” dan mengecam “campurtangan Iran dalam urusan regional”.

Mengenai serangan rudal Yaman tersebut OKI menyatakan, “Kami mengecam keras serangan yang fasilitas dan warga sipil di wilayah Saudi dan peluncuran rudal balistik terhadap kerajaan ini.”

OKI menyebut serangan rudal itu sebagai agresi terhadal wilayah Saudi serta ancaman bagi keamanan, perdamaian, dan stabilitas regional.

OKI menyerukan keharusan adanya tindakan kolektif untuk mencegah “berubahnya Yaman menjadi tempat perlindungan bagi kelompok-kelompok kekerasan dan organisasi-organisasi teroris serta sumber ancaman bagi keamanan dan stabilitas negara-negara jirannya.”

OKI menggelar sidang darurat tingkat menlu atas seruan Saudi untuk membahas serangan rudal balistik kelompok Ansarullah Yaman terhadap kota Riyadh.

​Dalam sidang ini Menlu Arab Saudi Adel Al-Jubeir kembali menuding pemerintah Iran menyuplai senjata kepada kelompok Ansarullah (Houthi) di Yaman dengan tujuan mengagresi Saudi.

“Mereka (pemerintah Iran) masih melanjutkan metode agresinya untuk mengancam stabilitas kawasan,” tudingnya.

“Adalah kewajiban bagi negara-negara anggota berdiri di satu berisan terhadap siapapun yang berubaha mencerai-berai dunia Islam dengan cara menanamkan sektarianisme dan pelanggaran kedaulatan berbagai negara,” lanjutnya.

Sabtu lalu otoritas Saudi menyatakan bahwa pasukan pertahanan udara Saudi berhasil menghancurkan rudal balistik yang diluncurkan Ansarullah ke arah kawasan Najran di barat daya Saudi yang berbatasan dengan Yaman. (mm/rt/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*