Muscat, LiputanIslam.com –  Menteri Luar Negeri Oman Yusuf bin Alawi akan berkunjung ke Teheran hari ini,  Senin (2/12/2019), untuk mengadakan pembicaraan dengan sejawatnya di Iran, Mohammad Javad Zarif, termasuk mengenai inisiatif Perdamaian Hormuz baru-baru ini.

Kantor berita Fars menyebutkan bahwa kunjungan ini dilakukan dalam rangka pertukarang pendapat mengenai perkembangan terbaru regional dan penjelasan pandangan Muscat mengenai inisiatif Perdamaian Hormuz yang diajukan oleh Iran untuk meningkatkan keamanan di wilayah Teluk Persia dan Selat Hormuz.

Kementerian Luar Negeri Iran belum lama ini mengumumkan bahwa naskah lengkap inisiatif perdamaian Selat Hormuz yang diajukan oleh Presiden Hassan Rouhani telah dikirim kepada para pemimpin Dewan Kerjasama Teluk (GCC) dan Irak.

Berapa waktu lalu Rouhani juga telah menyampaikan inisiatif ini dalam sidang Majelis Umum PBB di New York, AS.

Baca: Angkatan Laut Iran Mulai Produksi Rudal Jelajah ‘Jask’ Secara Massal

Saat itu Rouhani menjelaskan bahwa inisiatif ini bertujuan  “meningkatkan perdamaian, kemajuan dan kesejahteraan bagi semua orang yang mendapat manfaat dari Selat Hormuz, membangun hubungan persahabatan, dan meluncurkan aksi kolektif untuk menjamin pasokan energi dan kebebasan pelayaran.”

Ketegangan di kawasan Teluk Persia belakangan meningkat setelah AS dan sejumlah negara Arab di kawasan ini, terutama Saudi, menuduh Iran telah menyerang kapal-kapal dan fasilitas-fasilitas minyak Teluk dan mengancam pelayaran.  Iran menepis keras tuduhan ini, dan balik menawarkan perjanjian non-agresi dengan negara-negara Teluk.

Baca: Saudi Bantah Diplomatnya Mengancam Iran

Iran telah berulang kali memperingatkan bahwa pembentukan aliansi militer yang melibatkan pihak-pihak asing di Teluk Persia justru “membuat kawasan ini tidak aman,” dan menekankan bahwa penyelesaian ketegangan lebih memerlukan dialog daripada aliansi militer.

Selat Hormuz merupakan salah satu jalur perairan paling penting dan strategis di dunia untuk perdagangan minyak. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*