saud al-faisalRiyadh, LiputanIslam.com – Sumber-sumber oposisi Arab Saudi menyatakan bahwa Menteri Luar Negeri (Menlu) negara ini, Saud al-Faisal, juga akan dilengserkan, menyusul pelengseran Bandar bin Sultan dari jabatannya sebagai Kepala Badan Intelijen.

Sumber-sumber yang dikutip PressTV itu Senin (21/4/2014) itu mengatakan bahwa pelengseran al-Faisal merupakan langkah kedua dalam proses pergantian posisi-posisi kunci di tengah keluarga yang berkuasa di Saudi.

Menurut sumber-sumber ini, skenario yang mungkin terjadi ialah bahwa al-Faisal akan mengajukan pengunduran dirinya dalam beberapa hari mendatang sebagaimana yang dilakukan pendahulunya, Bandar bin Sultan.

Menjabat Menlu Saudi sejak 1975, al-Faisal tercatat sebagai orang yang paling lama di dunia menjabat sebagai menlu. Konon, pelengseran al-Faisal tertunda akibat minimnya calon pengganti dirinya. Disebut-sebut pula bahwa salah satu putera Raja Abdullah merupakan salah satu calon terkuat untuk menggantikan al-Faisal.

15 April lalu Raja Saudi telah mengangkat Yousuf al-Idrisi sebagai ganti Bandar bin Sultan yang sebelumnya telah menggenggam kebijakan Saudi terkait kemelut Suriah. Bandar juga merupakan mantan duta besar Saudi untuk Amerika Serikat (AS). Dia dikenal sangat dekat dengan mantan presiden AS, George W. Bush dan dia pula yang menganjurkan invasi pasukan sekutu pimpinan AS terhadap Irak pada tahun 2003.

Sekretaris Jenderal Gerakan al-Hashoud Mesir Mohammad al-Jilani menilai Bandar sengaja disingkirkan bukan karena faktor kesehatan seperti yang diberitakan pemerintah Saudi, melainkan karena misinya di Suriah berantakan. “Misi Pangeran Bandar telah gagal di Suriah, dan kasus dia praktis sudah ditutup, “ ujar al-Jilani kepada FNA, Minggu (20/4/2014).

Namun, lanjut al-Jilani, intelijen Saudi pasca Bandar masih akan berusaha bermain api di Suriah.  Menurutnya, Saudi tidak mungkin menghentikan dukungannya kepada ekstrimis takfiri karena mereka berperan sebagai “katup pengaman” bagi kelanggengan kekuasaan rezim Saudi. (farsnews/fna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL