john mccain dinding ratapanWashington, LiputanIslam.com – Senator Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik John McCain menyatakan bahwa di mata negaranya pendirian Iran sama sekali tidak bergeser barang 1 inchi dalam negosiasi nuklir.

Dalam wawancara dengan tabloid harian Israel Hayom yang dirilis Jumat (6/2/2015), McCain menyebutkan bahwa Israel sangat aktif di Timur Tengah dan dewasa ini pengaruhnya cukup pesat di kawasan ini.

Mengenai perundingan nuklir Iran dengan negara-negara yang tergabung dalam kelompok 5+1 dia mengatakan, “Sebelumnya kami sudah mengungkapkan berbagai aspek perundingan ini bahwa resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa tidak mempan.”

Dia menambahkan, “Keputus asaan AS terhadap tercapainya kesepakatan terlihat jelas, dan saya yakin Iran dapat menangkap hal ini. Saya setuju dengan perdana menteri (Israel) bahwa kita memulai di satu tempat, sementara Iran memulai di lain tempat, dan Iran belum beranjak barang satu inci.”

Mengenai tuduhan bahwa Iran berusaha membuat bom nuklir, dia mengatakan, “Biarlah kita sabar dulu dan melihat bagaimana kesepakatan final nanti, tentu jika kesepakatan itu dapat diraih.”

Dia menilai hubungan Washington-Tel Aviv dewasa ini memburuk akibat negosiasi nuklir Iran.

“Tak ada keraguan bahwa hubungan antara AS dan Israel, bukan hanya hubungan presiden kami dengan perdana menteri (Israel), melainkan hubungan AS dan Israel, sekarang lebih buruk daripada apapun yang saya bayangkan sebelumnya,” ungkapnya.

McCain menilai Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mencemaskan adanya “ancaman eksistensial” Iran terhadap Israel.
Dia kemudian menyinggung undangan kepada Netanyahu untuk berpidato di Kongres AS.

Dia mengatakan, “Saya sangat senang dia datang ke Kongres AS di mana dia akan berbicara kepada Kongres dan rakyat AS untuk membuat mereka menyadari apa yang tampaknya menjadi persetujuan AS untuk kesepakatan yang sangat buruk dengan Iran, yang bisa menempatkan Israel dalam bahaya.” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL