67 نائبا اوروبيا يطالبون بضغط اوروبي على البحرين!Brussel, LiputanIslam.com – Sebanyak 67 anggota Parlemen Eropa meneken surat berisikan desakan kepada Komisi Eropa supaya menekan pemerintah Bahrain agar membebaskan ketua lembaga pusat HAM Bahrain Nabil Rajab Amin, Sekjen Jam’iyyah al-Wifaq Syekh Ali Salman serta para aktivis hak asasi manusia (HAM) dan tahanan politik Bahrain lainnya.

“Kami menulis kepada Anda untuk mengekspresikan keprihatinan kami yang sangat mendalam terhadap berlanjutnya pelanggaran HAM di Bahrain berupa penangkapan berulang kali terhadap Nabil Rajab, tokoh pembela HAM dan ketua Pusat HAM Bahrain (Bahrain Centre for Human Rights/BCHR). Rajab telah ditangkap untuk kedua kalinya pada bulan April,” bunyi surat yang ditujukan kepada Perwakilan Tinggi Uni Eropa Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan dan Wakil Ketua Komisi Eropa, Federica Mogherini, Kamis (30/4), sebagaimana dilansir situs Bahrain Mirror.

Surat itu menyerukan kepada Uni Eropa supaya “menempuh tindakan tegas dan segera untuk menekan pemerintah Bahrain supaya membebaskan Rajab secepat mungkin tanpa syarat dan pencabutan pencekalan terhadapnya” serta “membebaskan semua tahanan politik dan menghentikan semua pelanggaran HAM.”

Mereka menegaskan bahwa Nabil Rajab mengalami tekanan pengadilan secara terus menerus dan penangkapan secara sewenang-wenang sejak tahun 2012 sehingga harus ada tekanan lebih kuat dari khalayak internasional.

Sejak ditangkap pada 2 April Nabil telah menghabiskan waktunya di ruang isolasi dan menghadapi dakwaan dengan tuntutan hukuman penjara 10 tahun hanya lantaran tulisannya di medsos Twitter.

Surat itu juga menegaskan supaya Uni Eropa menjadi pihak yang memelopori upaya internasional untuk melindungi para aktivuis HAM dan memerangi pelanggaran HAM. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL