sepehr radar iranTeheran, LiputanIslam.com – Petinggi militer Republik Islam Iran menyatakan negara ini sedang memasang radar yang dapat memantau musuh sejauh 3,000 kilo meter.

“Dengan daya jangkau radar Sepehr sejauh 3,000 km, kami dapat mendeteksi pergerakan nafas musuh di dalam pangkalan mereka,” ujar komandan Basis Pertahanan Udara Iran Khatam al-Anbiya, Brigjen Farzad Esmaili, Minggu (15/2/2015), sebagaimana dikutip Press TV.

Dia menambahkan bahwa pemasangan sistem radar itu sudah rampung 40 persen dan terus berjalan tanpa mengalami kendala apapun.

Menurutnya, radar ini membantu Iran menerapkan sistem “pertahanan berlapis” dan membentengi angkasa negara ini dari ancaman. Radar jarak jauh ini dapat menangkap rudal balistik dan rudal Cruise.

Pada November 2014 tahap pertama sistem radar tersebut telah sukses diujicoba.

Pada September 2014, Iran memperkenalkan Arash 2 dan Kayhan, dua sistem radar buatan dalam negeri yang mampu mendeteksi jet tempur siluman dan target-target jarak jauh.

Dengan sistem radar dua dimensi, Kayhan dapat mendeteksi dan melacak target udara musuh, termasuk jet tempur konvensional maupun jet siluman yang terbang pada ketinggian ekstra.

Sedangkan sistem radar Arash-2 dapat melacak target pada ketinggian sekitar 100,000 kaki.

Di tengah semua kemajuannya di bidang militer, Teheran berulangkali menegaskan kepada negara-negara lain, terutama di sekitarnya, bahwa kekuatan militer Iran sama sekali bukan ancaman bagi negara lain karena doktrin pertahanannya samata-mata berbasis pencegahan. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL