Kairo, LiputanIslam.com –  Abdel Fattah el-Sisi telah memenangi pemilu Mesir dan terpilih lagi sebagai presiden Negeri Piramida ini dengan perolehan suara 92 persen. Demikian menurut hasil awal yang dilaporkan oleh sejumlah media pemerintah.

Kantor berita resmi Mesir, MENA, serta surat kabar milik negara al-Ahram dan Akhbar el-Youm, Kamis (29/3/2018), melaporkan bahwa 23 juta atau 40 persen dari 60 juta warga yang terdaftar sebagai pemilih telah memberikan suara selama tiga hari pemungutan suara yang berakhir pada Rabu lalu.

Menurut al-Ahram, Mousa Mostafa Mousa, satu-satunya kandidat lain yang tak banyak dikenal orang dan baru menjadi pesaing el-Sisi selang beberapa jam menjelang tenggat waktu pencalonan hanya mengantongi 721.000 suara.

Mousa sendiri sebelumnya mendukung  Sisi untuk masa jabatan kedua, dan partainyapun, Ghad, juga  mendukung kepresidenan Sisi hanya 10 hari menjelang pencalonan Mousa.

Namun Mousa membantah tuduhan bahwa pencalonannya semata-mata hanya untuk menampilkan sandiwara persaingan.

Dua juta suara lain dinyatakan tidak sah, karena oleh penggunanya ditulisi nama-nama kandidat yang tidak disetujui.

Sisi meraih 96,0 persen suara dalam pemilihan pertamanya pada tahun 2014, setahun setelah presiden Mohamed Morsi dari kelompok Ikhwanul Muslimin dikudeta oleh pihak militer.

Pemerintah kuatir jumlah pemilih akan rendah, dan terdapat laporan mengenai adanya politik uang atau pembagian kebutuhan pokok untuk meringankan kekuatiran tersebut. (mm/aljazeera)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL