London, LiputanIslam.com –  Sebuah jajak pendapat terbaru menunjukkan bahwa sekira separuh warga Israel menghendaki pengusiran atau pemindahan orang Arab keluar wilayah Israel alias Palestina pendudukan 1948.

Menurut hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh Pusat Riset Pew dan dilansir oleh koran The Independent, Inggris, tersebut,  satu di antara lima responden dewasa “sangat menyetujui” pembersihan etnis dengan beberapa penjelasan.

Dilaporkan bahwa 48% responden Yahudi Israel berkeyakinan bahwa warga Arab harus dikeluarkan dari Israel, namun responden lain dengan jumlah yang setara menolak keinginan ini.

Para pelaksana jajak pendapat menyebutkan bahwa identitas keagamaan berpengaruh pada pendapat warga Yahudi mengenai pengusiran warga Arab, namun dari jajak pendapat ini diketahui bahwa meskipun faktor ini dan faktor-faktor demografis lain dipertimbangkan, pendapat warga Yahudi mengenai pengusiran warga Arab terkait erat dengan ideologi politik mereka.

The Independent mengutip pernyataan Presiden Israel Reuven Rivlin bahwa bahwa hasil jajak pendapat itu merupakan seruan untuk kebangkitan masyarakat internasional.  Dia juga mengatakan, “Mengejutkan, kita melihat kesenjangan dalam pemikiran masyarakat, antara ide Israel sebagai negara Yahudi dan sebagai negara demokrasi.” (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*