Damaskus, LiputanIslam.com –  Setelah lebih dari satu bulan bertempur melawan kelompok-kelompok teroris, Pasukan Arab Suriah (SAA), Minggu (29/1/2017), mengumumkan keberhasilannya menguasai secara penuh kawasan Wadi Barada di bagian barat provinsi Damaskus. Wadi Barada merupakan kawasan sumber air yang selama ini memenuhi sebagian besar kebutuhan penduduk Damaskus, ibu kota Suriah.

“Satuan-satuan angkatan bersenjata kami bekerjasama dengan kelompok-kelompok pertahanan rakyat dan pasukan sekutu telah menuntaskan misinya memulihkan keamanan dan stabilitas daerah-daerah dan pedesaan Wadi Barada di bagian barat provinsi Damaskus setelah sukses menjalankan serangkaian operasi militer,” ungkap SAA, sebagaimana dilansir televisi pemerintah Suriah.

Minggu sore waktu setempat juga telah dilakukan gelombang pertama pemindahan para pemberontak bersenjata bersama keluarga mereka dari Wadi Barada menuju kota Idlib sesuai kesepakatan antara pemerintah dan kubu pemberontak. Pada gelombang ini jumlah orang yang dipindahkan 160 orang, termasuk keluarga mereka.  Mereka diangkut dengan empat unit bis menuju kota Idlib.

Seorang sumber menyebutkan bahwa total jumlah kawanan bersenjata yang akan dipindah dengan menggunakan konvoi bus milik pemerintah itu mencapai 1400 orang. Mereka dipindah dengan pengawasan lembaga Bulan Sabit Merah Suriah dengan menempuh jalur Damaskus-Homs-Hama-Idlib.

Sumber ini menambahkan bahwa mereka yang direlokas adalah kawanan bersenjata yang menolak pemulihan citra mereka dan rekonsiliasi dengan pemerinah di Wadi Barada.

Di luar mereka, terdapat lebih dari 3700 orang telah meletakkan senjata, bergabung dengan proses rekonsiliasi , dan menjalani proses pemulihan status.

Laporan lain menyebutkan bahwa pasukan udara Rusia dan Suriah telah menggempur kubu-kubu pertahanan ISIS dan titik-titik pergerakan mereka di kawasan di kota Deir ez-Zor dan sekitarnya hingga menewaskan sedikitnya 30 anggota ISIS serta satu gudang senjata dan tiga kubu pertahanan mereka.  (mm/raialyoum/irna/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL