KuwaitCity, LiputanIslam.com – Dubes Amerika Serikat (AS) untuk Kuwait Lawrence R. Silverman mengakui misi negaranya gagal di Suriah sehingga Bashar Assad masih bertahan di posisinya sebagai presiden Suriah.

Pernyataan ini dilontarkan dalam jumpa pers, Rabu (4/4/2018), menyusul kemenangan tentara Suriah di Ghouta Timur yang telah mengubah keseimbangan dan menjungkir balikkan perhitungan sebelumnya. Dengan demikian maka kemenangan tentara Suriah telah disuarakan oleh pihak AS dari kawasan Teluk Persia setelah disuarakan pula oleh Arab Saudi dari Washington, AS, belum lama ini.

Sebagaimana dilansir laman al-Youm al-Sabea yang berbasis di Mesir, Kamis (5/4/2018), Silverman mengatakan bahwa Basar Assad dewasa ini masih berada dalam posisinya “namun harus ada perubahan politik di Suriah di tangan orang-orang Suriah sendiri.”

Dia menambahkan bahwa AS dalam rangka ini berharap banyak kepada kerjasamanya dengan Rusia agar menekan pemerintah Suriah supaya memulai proses reformasi politik.

Kubu AS dan Saudi tampak semakin tak bernyali dalam masalah Suriah setelah tentara Suriah dapat mengalahkan kelompok-kelompok pemberontak dan teroris di Ghouta Timur dalam tempo yang relatif cepat.

Karena itu, Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman dalam wawancara dengan majalah Time milik AS juga membuat pernyataan bahwa Assad tetap bertahan sebagai presiden Suriah, namun dia berharap AS tetap mempertahankan keberadaan pasukannya di Suriah.

“Kami kira, pasukan AS harus bertahan dulu setidaknya dalam jangka menengah, jika tidak dalam jangka panjang. Sebab ini merupakan upaya terakhir untuk mencegah ekspansi Iran, selain juga dapat mempertahankan pendapatnya mengenai masa depan Suriah,”  kata Bin Salman.

Pernyataan ini menjadi pukulan telak bagi kawanan bersenjata yang tersisa di kota Douma, Ghota Timur, karena menandakan bahwa Saudi sudah tak sanggup lagi memberikan bantuan kepada mereka sehingga mereka dihadapkan hanya pada dua puluhan; bernegosiasi atau menyerah. (mm/shamtimes)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL