Damaskus, LiputanIslam.com –  Sedikitnya 146 orang  tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam pertempuran yang sudah memasuki hari ke-6 antarkelompok teroris besar yang beraksi di kawasan Ghouta Timur, provinsi Damaskus, Rabu (3/5/2017).

Lembaga Oberservatorium Suriah untuk HAM (SOHR) dalam siaran persnya tentang peristiwa ini menjelaskan bahwa telah terjadi kontak senjata sengit antara kelompok Failaq al-Rahman dan Hayat Tahrir Sham di satu pihak dan Jaish Islam di pihak lain di beberapa titik lokasi perkotaan, distrik dan daerah pertanian Zamalka, Arabain, Hazzah, Bait Sou, dan daerah pertanian Aftaris dan Asy’ari serta beberapa kawasan lain.

LSM yang berbasis di London dan intensif memantau perkembangan situasi perang Suriah ini menambahkan bahwa dari jumlah korban tewas itu sebanyak 133 orang adalah militan, termasuk 50 anggota Jaish al-Islam, sedangkan sisanya adalah 13 warga sipil, dua di antaranya anak kecil. Pertempuran itu juga menjatuhkan korban luka dari kalangan warga sipil.

Jaish al-Islam tercatat sebagai kelompok bersenjata terbesar dan berkuasa di kawasan Ghouta Timur, dan pemimpinnya, Zahran Alloush, tewas terkena serangan udara pada Desember 2015.

Sedangkan Hayat Tahrir al-Sham merupakan sebuah alinasi pasukan yang dibentuk pada Januari lalu dan dianggotai oleh beberapa kelompok, terutama Jabhat al-Nusra, agen al-Qaeda di Suriah.

SOHR menyebutkan bahwa kegiatan sehari-hari penduduk di Ghouta Timur masih lumpuh. Ratusan keluarga di kawasan antara kota Zamalka dan distrik Hazzah sedang mengalami kondisi kemanusiaan yang buruk akibat berlanjutnya pertempuran antarkelompok teroris. Penduduk mmeminta kepada kawanan bersenjata agar membuka blokade karena penduduk sudah tak dapat lagi memenuhi kebutuhan sehari-harinya, termasuk air bersih.

Kelompok Jaish al-Islam menyerukan kepada para kombatan Failaq al-Rahman dan Hayat Tahrir al-Sham agar menyerah “demi menghentikan pertumpahan darah”, sementara Jaish al-Islam menyeru penduduk di lokasi pertempuran agar bertahan dalam rumah masing-masing atau masuk ke ruang-ruang bawah tanah. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL