Fighters loyal to Yemen's President Abd-Rabbu Mansour Hadi gather on a road leading to the  al-Anad military and air base in the country's southern province of LaheSanaa, LiputanIslam.com – Sekitar 70 anggota milisi pro-presiden pelarian Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi dan milisi jaringan teroris al-Qaeda tewas dalam pertempuran sengit melawan tentara Yaman dan milisi Ansarullah di kawasan sekitar Zanzibar, ibu kota provinsi Abyan.

Tentang ini pihak militer Yaman dalam sebuah statemennya yang dikutip Alalam, Minggu (9/8) menyebutkan bahwa “pasukan bayaran Saudi” bergelimpangan ketika berusaha bergerak maju ke arah Zanzibar dengan dukungan serangan udara Saudi sebanyak lebih dari 200 serangan.

Militer Yaman menepis apa yang diumumkan oleh milisi pro-Hadi bahwa mereka berhasil merebut dan menguasai kamp militer al-Sadraian di provinsi al-Dali di selatan Yaman.

Sementara itu, Uni Emirat Arab (UEA) menyatakan tiga tentaranya tewas terkena ledakan ranjau di provinsi Abyan, namun sumber-sumber lokal memastikan bahwa tentara UEA yang tewas berjumlah lima orang, sedangkan dua lainya luka-luka.

25 Juni lalu pasukan koalisi Arab pimpinan Saudi yang terlibat serangan udara ke Yaman sejak sekitar empat bulan lalu menyatakan satu tentara UEA terbunuh dalam pertempuran dengan milisi Ansarullah di wilayah perbatasan Yaman – Saudi.

Laporan lain dari Yemen Press menyebutkan al-Qaeda yang sejak 2 April lalu menduduki al-Mukalla, ibu kota provinsi Hadhramat di bagian timur Yaman, telah menangkapi banyak orang, terutama para politisi dan pejabat setempat, serta memburu beberapa orang lain, termasuk tiga wartawan.

Dalam rangka ini al-Qaeda juga melancarkan tekanan mental terhadap keluarga orang-orang yang diburu agar mereka menyerahkan diri.
Orang-orang yang diringkus al-Qaeda antara lain anggota parlemen setempat, direktur Lembaga Dana Kesehatan serta pemimpin Partai Kongres Rakyat dan beberapa saudaranya.

Dilaporkan bahwa al-Qaeda menerapkan sensor pemberitaan seputar penangkapan tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL