teroris sinai mesirSinai, LiputanIslam.com – Sumber-sumber keamanan Mesir menyatakan 11 terduga teroris anggota organisasi Ansar Bait al-Maqdis atau Wilayat Sinai tewas diterjang serangan udara pasukan Mesir di kawasan Sheikh Zuweid, Semenanjung Sinai, Rabu malam (11/3/2015).

Sumber-sumber itu mengatakan kepada Aswat Masriya bahwa serangan udara itu ditujukan terhadap rumah pemimpin kelompok yang terafiliasi dengan organisasi teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tersebut, mengakibatkan semua orang yang ada di dalamnya tewas.

Di hari yang sama, pasukan khusus Mesir melancarkan operasi darat yang berujung penangkapan terhadap 20 orang terduga militan.

Sehari sebelumnya, dua serangan teror terjadi di dua lokasi terpisah, mengakibatkan tiga orang tewas, satu di antaranya pelaku peledakan bom mobil, dan dua lainnya adalah warga sipil dan seorang perwira Mesir. Peledakan bom mobil yang terjadi di kawasan el-Masaeed, al-Arish, itu juga menyebabkan sedikitnya 42 tentara dan dua warga sipil menderita lukla-luka. (Baca: Bom Mobil Terjang Kamp Keamanan Mesir, Dua Tewas, Puluhan Terluka)

Tentara Mesir berperang melawan gerakan kaum militan sejak presiden Mohamed Morsi terkudeta oleh militer pada tahun 2013. Ratusan tentara dan polisi terbunuh akibat serangan militan.

Kelompok Ansar Bait al-Maqdis menyatakan bertanggungjawab atas sebagian besar serangan terhadap tentara dan polisi di Sinai.

Pada November 2014 kelompok ini menyatakan baiatnya kepada ISIS, dan sejak itu pula mereka mengganti namanya menjadi Wilayat Sinai. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*