Handout shows a Lockheed Martin F-16 fight jet built for the Iraqi Air Force as it completes its first flight over Fort Worth, TexasBaghdad, LiputanIslam.com – Sedikitnya 31 anggota kelompok teroris ISIS tewas diterjang serangan jet-jet tempur Irak terhadap posisi ISIS di beberapa kawasan provinsi Anbar di bagian barat Irak, Senin (16/11). Bersamaan dengan ini dilaporkan pula bahwa ISIS mengeksekusi 30 orang di provinsi Nineveh di bagian utara Irak.

Keterangan sumber-sumber Irak yang dikutip IRNA menyebutkan bahwa pasukan udara Irak telah menggempur markas polisi keagamaan ISIS yang bernama Darul Hisba di kota Ramadi, ibu kota Anbar, hingga menyebabkan beberapa anggota ISIS tewas, termasuk komandan polisi dan militer mereka.

Sementara itu, juru bicara relawan Irak al-Hashd al-Shaabi Karim al-Nouri menyatakan kini pasukan Irak terus bergerak maju di semua front pertempuran setelah mereka berhasil mengepung kota Fallujah dan Ramadi. Dia juga mengatakan bahwa kota Baiji di bagian utara provinsi Saladin yang sejak beberapa waktu lalu dikuasai penuh oleh pasukan relawan kini juga sudah aman dari serangan roket-roket jarak jauh.
Di bagian lain, seorang pejabat lokal provinsi Nineveh di bagian utara Irak mengatakan ISIS telah mengeksekusi 30 warga sipil, beberapa di antaranya wartawan, di provinsi Nineveh.

“Para teroris hari ini, Senin, mengeksekusi 30 warga sipil, termasuk sejumlah wartawan dan aktivis media, dengan dakwaan bahwa mereka melakukan aksi mata-mata, menjalin komunikasi dengan pemerintah Irak dan memberitahukan posisi-posisi ISIS di provinsi ini,” ungkap pejabat itu, sebagaimana dilansir al-Sumaria News.

Menurut pejabat yang meminta namanya dirahasiakan itu, para korban dieksekusi dengan tembakan di kamp al-Ghazlani, kemudian mayat-mayat korban diserahkan ke rumah sakit Nineveh.

Sebelumnya dikabarkan bahwa ISIS telah menculik lebih dari 100 penduduk Nineveh serta membakar hidup-hidup tiga tokoh suku setempat di dalam sangkar besi di bagian selatan provinsi Nineveh. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL