mesir_apacheKairo, LiputanIslam.com – Sebanyak 17 teroris takfiri tewas dan enam lainnya menderita luka-luka dihantam serangan udara pasukan Mesir di kawasan Semenanjung Sinai, Mesir.

Sebagaimana dilansir harian al-Youm al-Sabea, seorang pejabat keamanan Mesir Selasa (10/2/2015) mengatakan, “Serangan Angkatan

Udara Mesir terhadap tiga tempat persembunyian para teroris di kawasan Sheikh Zuweid, al-Arish dan Rafah telah mengakibatkan 17 teroris tewas dan enam lainnya luka-luka.”

Pejabat yang tak disebutkan namanya menjelaskan bahwa serangan udara tersebut dilancarkan berdasar informasi intelijen yang masuk mengenai posisi dan tempat-tempat persembunyian para teroris tersebut.

Laporan lain yang dilansir kantor berita Cina, Xinhua, berdasarkan keterangan pejabat keamanan Mesir menyebutkan bahwa dalam serangan itu sedikitnya 22 militan tewas.

Di hari yang sama Angkatan Darat Mesir meringkus 20 orang tersangka teroris di beberapa kawasan tersebut. Mereka digelandang ke sebuah markas Angkatan Bersenjata Mesir untuk menjalani pemeriksaan.

Kawasan Sinai menjadi ajang kekerasan sejak Presiden Mesir Mohamed Morsi dikudeta oleh pihak militer pada tahun 2013. Gencarnya serangan militan di sana membuat otoritas Mesir mengadakan zona penyangga di kawasan perbatasan antara Sina dan Gaza.

Kelompok militan yang dikenal aktif di kawasan itu adalah kelompok teroris yang semula menamakan dirinya Ansar Bait al-Maqdis namun belakangan mengubah nama menjadi Wilayat Sinai setelah mendeklarasikan baitnya kepada pemimpin kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Abu Bakar al-Baghdadi.

Wilayat Sinai menyatakan bertanggungjawab atas serangan di Sinai yang menewaskan lebih dari 30 pasukan Mesir pada Oktober 2014. Sebelum itu, mereka mengaku bertanggungjawab atas serangan pada bulan Januari yang juga menewaskan lebih dari 30 aparat keamanan Mesir.
Sejauh ini kelompok itu sudah menewaskan ratusan polisi dan tentara Mesir.

Kegeraman pemerintah Mesir terhadap mereka membuat membuat kawasan Sinai dinyatakan sebagai kawasan darurat militer. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL