pasukan pkk turkiTeheran, LiputanIslam.com –  Pasukan militer Turki dalam serangan masifnya dalam satu bulan terakhir ini terhadap milisi Partai Pekerja Kurdi Turki (PKK) telah menewaskan 771 militan Kurdi. Demikian dilaporkan kantor berita Turki, Anadolu, Jumat kemarin (21/8).

Disebutkan bahwa sejak 22 Juli lalu sampai sekarang sebanyak 771 “teroris telah berhasil dilumpuhkan kekuataannya untuk melancarkan gangguan keamanan”, dan serangan udara Turki sebagian besar dilancarkan terhadap pangkalan-pangkalan bagian belakang PKK di utara Irak hingga menewaskan 430 milisi, sementara yang lain terbunuh akibat luka yang mereka derita, dan sebanyak 260 petempur Kurdi terbunuh akibat operasi darat .

Operasi serangan militer Turki terpusat di tenggara Anatolia yang sebagian penduduknya bersuku Kurdi dan pernah menjadi ajang peristiwa pemberontakan pada tahun 1984. Serangan kemudian menjangkau deerah-daerah pedesaan Irak yang diyakini sebagai tempat-tempat konsentrasi militer Kurdi.

24 Juli lalu Turki mengumumkan “perang melawan teroris” terhadap PKK dan organisasi teroris takfiri ISIS. Anehnya, puluhan operasi serangan Turki hampir semuanya ditujukan terhadap kelompok bersenjata Kurdi, sedangkan ISIS hanya mendapat tiga kali serangan.

Di pihak lain, sebagaimana dikabarkan media Turki, milisi PKK juga balik menyerang tentara dan polisi Turki hingga menewaskan sekitar 50 personil keamanan Turki sejak akhir Juli lalu.

Jumat kemarin kawanan bersenjata menyerang markas polisi di Istanbul, namun tidak sampai menjatuhkan korban jiwa maupun luka.
Sedangkan Rabu lalu dilaporkan bahwa delapan tentara Turki tewas terkena ledakan di provinsi Siirt. Pemerintah Turki segera menuding militan PKK sebagai pelaku serangan di bagian timur laut Turki tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL