teror bom di suriahDamaskus, LiputanIslam.com –  Distrik Sayyidah Zainab di pinggiran Damaskus, ibu kota Suriah, kembali diguncang bom yang diledakkan oleh para teroris, mengakibatkan sedikitnya 83 warga sipil terbunuh dan lebih dari 200 lainnya menderita luka-luka.

Kantor berita Suriah, SANA, mengutip keterangan pihak kepolisian, Minggu (21/2), bahwa empat serangan teror bom terjadi Jalan al-Tin dekat Rumah Sakit al-Sadr di kawasan Sayyidah Zainab, Rif Damaskus.  Sementara TV Suriah melaporkan bahwa di sana terjadi empat kali ledakan, dua di antaranya berupa bom mobil dan dua lainnya bom bunuh diri.

Organisais teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengaku bertanggungjawab atas serangan mematikan tersebut. Gerombolan terbengis di dunia ini menyatakan dua anggotanya berhasil melancarkan serangan bom bunuh diri.

Sebelum itu, rezim Arab Saudi telah menebar ancaman bahwa situasi di Suriah dan Lebanon akan semakin tegang bersamaan dengan pesatnya gerak maju pasukan pemerintah Suriah dan sekutunya dalam operasi penumpasan kelompok-kelompok teroris yang didanai Saudi di Suriah.

Serangan teror serupa, seperti pernah diberitakan LI, juga terjadi di Homs mengakibatkan 46 warga terbunuh. (Baca: Tentara Suriah Bebaskan 18 Desa, Bom Mobil di Homs Bunuh 46 Orang)

Serangkaian aksi teror mematikan ini terjadi juga setelah Amerika Serikat dan Rusia memberikan pernyataan mengenai gencatan senjata untuk sementara waktu di Suriah sebagai pendahuluan untuk memulai lagi perundingan damai pemerintah Suriah dengan kelompok-kelompok pemberontak negara ini di Jenewa, Swiss.

Bulan lalu serangan teror bom mobil juga menerjang kawasan pemakaman Sayyidah Zainab puteri Sayyidana Ali bin Thalib ra yang terletak di sisi tenggara Damaskus tersebut. Serangan itu ditujukan terhadap sebuah bus penumpang yang kemudian disusul dengan serangan dua bom bunuh diri. Akibatnya, 45 orang terbunuh dan lebih dari 100 lainnya luka-luka.

Kemenangan tentara Suriah dalam pertempuran melawan kelompok-kelompok teroris di wilayah utara negara ini membuat para teroris semakin kalap sehingga semakin gigih melancarkan serangan brutal dan membabi buta. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL