Kairo, LiputanIslam.com – Mesir kembali diguncang serangan teror dahsyat.  Media negara ini melaporkan sedikitnya 235 orang terbunuh dan 109 orang lainnya terluka akibat serangan bom dan senjata api di sebuah masjid di provinsi Sinai.

Dilaporkan bahwa Masjid Al-Rawda di desa Bir Al-Abed menjadi sasaran serangan ketika masjid ini disesaki oleh jemaah yang sedang menyelenggarakan shalat Jumat (24/11/2017).

Presiden Mesir Abdul Fattah al-Sisi usai mengadakan pembicaraan dengan  aparat keamanan berjanji untuk menanggapi kejadian ini dengan “kekuatan penuh”.

“Ini hanya akan menambah tekad kami memerangi terorisme, dan akan kami bereaksi dengan kekuatan dan tekad yang penuh,” tegasnya, seperti dikutip TV Egynews.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggungjawab atas serangan itu, namun para ekstremis yang berafiliasi dengan kelompok teroris takfiri ISIS menyatakan bertanggung jawab atas sejumlah serangan mematikan yang terjadi sebelumnya di provinsi ini.

Mereka biasanya menyerang pasukan keamanan dan gereja Kristen, namun kali ini sangat mengejutkan karena menyasar sebuah sebuah masjid yang terkait dengan kelompok sufi.

Saksi mata mengatakan, puluhan orang bersenjata masuk ke halaman mesjid dengan menggunakan mobil off-road dan membom masjid kemudian melepaskan tembakan ke arah para jamaah saat mereka mencoba melarikan diri.

Penyerang membakar kendaraan yang diparkir di sekitarnya untuk memblokir akses ke masjid.

“Mereka menembaki orang-orang saat mereka meninggalkan masjid. Mereka juga menembaki mobil-mobil ambulan,” kata seorang penduduk setempat yang memiliki kerabat di sana kepada kantor berita Reuters.

Militer Mesir Jumat malam melaporkan bahwa angkatan udara (AU) negara ini telah menghancurkan sejumlah “kendaraan yang digunakan dalam serangan” terhadap masjid tersebut . Selain itu, AU juga dilaporkan telah menggempur “beberapa tempat konsentrasi teroris yang mengandung senjata dan amunisi milik para takfiri.” (mm/bbc/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL