gampur rusia di suriahMoskow, LiputanIslam.com – Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia Jumat (9/10) menyatakan pasukan udara negara telah melakukan 67 penerbangan dan menggempur 60 target yang tersebar di bagian utara Suriah sepanjang Kamis lalu (8/10), mengakibat 300 militan tewas, dua di antaranya dua komandan senior kelompok teroris ISIS.

“Target itu antara lain pusat komunikasi, pos komando, tempat penyimpanan bahan bakar dan basis pelatihan teroris di Raqqa, Latakia, Idlib, Aleppo dan Hama,” ujarnya Wakil Ketua Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia, Letjen Igor Makushev, kepada media di Moskow, Rusia, seperti dilansir RT.

Menurutnya, dari rekaman video yang diambil dari pesawat nirawak terlihat kehancuran markas kelompok Liwa al-Haqq yang memerangi pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad sejak tahun 2012, sementara penyadapan radio mengonfirmasikan tewasnya 200 militan, dua di antaranya komandan ISIS.

Selain itu, 100 ekstrimis lainnya juga terbunuh akibat serangan jet tempur Sukhoi Rusia dekat Aleppo yang menghancurkan bekas penjara yang digunakan sebagai basis dan tempat penyimpanan senjata.

Serangan udara itu secara keseluruhan telah menghancurkan enam pusat komunikasi, enam gudang senjata, 17 tempat pelatihan, dan 17 mobil lapis baja.

Makushev menambahkan bahwa kawanan teroris berusaha menekan jumlah kerugiannya akibat serangan udara Rusia dengan melakukan penyesuaian taktik di mana mereka menyebar ke wilayah yang luas, bersembunyi secara lebih cermat, dan menghilang wilayah perkotaan.
Di pihak lain, sebagaimana diberitakan IRNA, Menteri Pertahanan AS Ash Carter dan sejawatnya dari Inggris Michael Fallon kembali mengecam serangan Rusia terhadap kawanan teroris di Suriah dan menyatakan campur tangan Moskow hanya akan menambah pelik krisis Suriah karena dapat mempkuat posisi Bashar al-Assad.

Bersamaan dengan ini, Reuters melaporkan kelompok teroris Ahrar Sham terlibat kontak senjata dengan ISIS di desa Tal Susi, provinsi Aleppo, di utara Suriah. ISIS berhasil merebut desa itu dari tangan kelompok rivalnya setelah sebelumnya di hari yang sama berhasil merebut lima desa lain. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL